“Para Petani Mulai Khawatir Serangan Belalang Mengakibatkan Gagal Panen ?!”

 871 total views

Tambolaka NTT, GlobalInvestigasinews.com-Petani Khawatir Serangan Belalang mengakibatkan Gagal Panen.Sejumlah petani di beberapa tempat di Kabupaten Sumba Barat Daya resah akibat hama belalang yang menyerang tanaman padi dan jagung di wilayah setempat.Mereka khawatir serangan itu mengakibatkan tanaman rusak hingga gagal panen.

Read More

Para petani yang di temui media mengatakan,sejak beberapa hari terakhir tanaman padi dan jagung milik petani setempat diserang ribuan belalang.Sangat terlihat gerombolan belalang di areal persawahan dan Perkebuna.Saya khawatir jumlahnya makin banyak dan berdampak hingga merusak tanaman.Soalnya hama belalang itu makan daun dan bisa batangnya juga,”kata dia Rabu.15 Desember 2021.

Ia katakan,Kami petani tetap mewaspadai karena belalang yang mencapai ribuan tersebut.Kami terus memantau perkembangannya agar tanaman bisa selamat dari gangguan hama,baik belalang dan hama lainnya.

Hama belalang ini,datangnya memang bergerombol dan biasanya tidak sekaligus banyak.Mudah-mudahan dengan pengenalian nanti, hama belalang ini bisa diatasi.Belalang memakan daun hingga tanaman menjadi rusak bahkan mati.Karena itu banyak belalang yang menjadi hama dan harus dibasmi.

Serangan hama belalang ini lebih dari cobaan biasa. Ini adalah permasalahan hidup dan mati karena telah membuat kami kelaparan dan kebingungan,”ungkapnya

Disampaikan juga oleh Ketua PMKRI Tambolaka Yulius Lere,soal wabah belalang mulai muncul di beberapa tempat di kabupaten Sumba Daya.Bahwa Petani dilema yang sudah menanam atau yang sementara menanam maupun lahan nya sudah diolah untuk persiapan menanam jagung dan padi.

Namum timbul kekhawatiran karena hama belalang di depan mata.Dampak covid 19 belum sembuh kini hama belalang mengancang hidup masyarakat Sumba Barat Daya yang adalah mayoritas petani.

Saya berharap ada perhatian dari pemerintah pusat dan kementerian untuk membantu para petani kita di SBD dalam menhadapi hama belalang,”harapan Yulius Lere

Global

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *