Pokja PAUD Bekerjasama PDGI Gelar Kampanye Kesehatan Gigi dan Mulut

 25 total views,  1 views today

Sulsel
Barruglobalinvestigasinews.com.

Read More

Dalam rangka hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022, Kelompok Kerja (Pokja) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Barru yang diketuai oleh drg. Hj. Ulfah Nurul Huda, MARS., bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Barru, menggelar kegiatan kampanye kesehatan gigi dan mulut serta sikat gigi massal, di Alun-alun Kota Barru, (20/9/22).

Kegiatan yang dihadiri oleh Bunda PAUD Kabupaten Barru drg. Hj. Hasnah Syam, MARS., yang juga Anggota Komisi IX DPR RI fraksi Nasdem. Selain itu, hadir juga para Kepala OPD, ribuan anak peserta didik PAUD se Kabupaten Barru dan undangan lainnya.

Hasnah Syam dalam sambutannya menyambut positif sekaligus menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terlaksananya hari kesehatan gigi Nasional pada hari ini.

Dikatakan, bahwa kesehatan gigi dan mulut menempati posisi yang vital dalam kesehatan manusia sebagai faktor yang tidak hanya berpengaruh pada rongga mulut serta fungsi pengunyahan, namun dapat mempengaruhi kualitas hidup secara langsung.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap akan menjadi tonggak gerakan merawat kesehatan gigi dan mulut di Kabupaten Barru, terutama pada kalangan anak anak usia dini”, ungkap Hasnah yang juga Ketua TP PKK Barru.

Pada kesempatan tersebut, juga menyampaikan bahwa peringatan HKGN di Kabupaten Barru berbeda dengan daerah lainnya, karena PDGI berkolaborasi dengan Pokja PAUD yang mana pada periode kepengurusan ini memiliki program kerja terkait kesehatan gigi dan mulut bagi anak anak usia dini.

“Tentunya kami sangat mendukung kegiatan PDGI kerjasama dengan Pokja Bunda PAUD Barru dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat”, pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Pokja Bunda PAUD Barru Ulfah Nurul Huda dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan hasil penelitian bahwa gerakan sikat gigi massal mampu menurunkan dan mengurangi flak pada gigi hingga 70 persen. Sehingga hal ini dilaksanakan untuk menurunkan resiko gangguan kesehatan gigi dan mulut.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh PDGI pusat dan dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia dengan tujuan untuk mensosialisasikan secara meluas kepada anak usia dini tentang bagaimana cara merawat kesehatan gigi dan mulut dengan cara sikat gigi dengan baik dan benar serta tepat waktu”, kata Ulfah.

Menurut Direktur RSUD Barru ini, sebanyak 1026 orang anak dari 254 lembaga pendidikan PAUD se Kabupaten Barru ikut serta dalam kegiatan Sikat Gigi Massal.

“Acara ini dilaksanakan atas kerjasama PDGI dan Pengurus Pokja PAUD Barru, dengan harapan semoga kolaborasi ini bisa semakin menyatukan langkah berbagai stakeholder dalam memasyarakatkan cara sikat gigi dengan baik dan benar”, kunci Ulfah.
( Jumardin/ hms).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.