YSLPP Adakan Pelatihan Pembuatan Closed Untuk Disabilitas Desa Jelantik

 329 total views

Globalinvestigasinews.com.Yayasan Sumber Daya Lingkungan Untuk Pelestarian Pembangunan Nusa Tenggara Barat (YSLPP-NTB) bekerjasama dengan New Zealand Head Embassy Fund
Melakukan pelatihan pembuatan closed bagi penyandang Disabilitas di Desa Jelantik Kec. Jonggat Kab. Lombok Tengah pada Selasa, 2-11-2022.

Read More

YSLPP sejak berdiri tahun 1994 hingga saat ini terus turun ke masyarakat dan sekolah sekolah untuk memberikan pelatihan, pembinaan dan peningkatan SDM yang kantornya beralamat di Jl. Raya Tanjung No.5, Midang, Gn. Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, 83351,

Ketua YSLPP-NTB Rohyana mengatakan kegiatan ini berawal dari hasil pendataan YSLPP di Desa Jelantik bahwa penyandang Disabilitas didesa Jelantik cukup banyak, Ada sekitar 70 orang lebih.Dari data itu kami membuatkan program kegiatan untuk meningkatkan SDM nya.

Dalam patihan pembuatan closed ini, YSLPP juga bekerjasama dengan LIDI Foundation NTB sebagai instrukturnya yang diikuti oleh 30 orang peserta penyandang Disabilitas dengan berbagai latar belakang selama dua hari dari tanggal 2-3 Nopember 2022

Saat ini, di Desa Jelantik kami melatih 30 orang Disabilitas untuk membuat Closed dengan harapan sepulang dari pelatihan ini saudara saudara kami yang menyandang disabilitas bisa bekerja, berkarya dan menghasilkan dan kami akan pantau terus.

Lalu Wisnu Pradista dari LIDI Foundation NTB selaku instruktur menjelaskan satu Zak semen bisa menghasilkan 20 Closed dan kalau dijual dipasaran seharga Rp. 65.000 per closed nya.

Kekuatan hasil produksi closed kami lebih kuat, bisa dibandingkan dengan kekuatan closed buatan pabrikan, jelasnya

Ditambahkan Yana untuk penyandang Disabilitas wanita kami berikan pelatihan diantaranya membuat pembalut wanita yang ramah lingkungan.

Pembuatan pembalut ramah lingkungan ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi sosial penyandang disabilitas terhadap lingkungan. Pembuatan pembalut ramah lingkungan ini guna mengurangi sampah plastik yang tidak dapat didaur ulang.

YSLPP-NTB NTB sudah bergerak di semua Kab/Kota di NTB, Kami juga sudah membangun Toilet untuk penyandang di disabilitas di beberapa sekolah dan didesa dengan semua perlengkapannya. Seperti pembangunan Toilet untuk penyandang Disabilitas di kantor Desa Jelantik ini, kata Yana sambil menunjukkan ke awak media.

Salah satu peserta SY (inisial) yang memiliki kekurangan khusus yang mengikuti pelatihan tersebut menuturkan Alhamdulillah YSLPP bersama kami. Terimakasih atas ilmu yang diberikan kepada kami kami ini. Apa yang kami dapatkan saat ini semoga bermanfaat untuk kami dan orang lain, ujarnya (Mst)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *