Desa Talkandang Geliatkan BumDesa Guna Percepatan Ekonomi Masyarakat

 278 total views

Situbondo, global investigasi

Read More
 Desa Talkandang yang masuk kawasan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo secara geografis berada di wilayah tengah Kabupaten Situbondo, berbatasan dengan Desa Alas Malang  Kecamatan Panarukan sebelah utara Desa Olean sebelah timur Desa Tenggir Kecamatan Panji,  yang secara Mayoritas masyarakatnya banyak petani sebagian pedangang dan pengusaha. 

Yang notabene untuk kegiatan BumDes bersifat wisata tidak memungkinkan secara relevan lahan dipergunakan ke dunia pertanian.
Dibawah pemangku kebijakan Kades Suriyanto yang sudah menjabat dua periode jalan ini, mengambil inisiatif dengan menggeliatkan BumDes(Badan usaha Milik Desa) bergerak dibidang alat-alat pertanian dari alat traktor serta Gerpas (pemangkas padi sekaliggus pemilah butir pada “Madura-red) yang berhubungan dengan daya guna petani, tak lepas dari hal itu juga untuk penguatan ekonomi mikro bergerak dibidang UMKM.
“untuk BumDes yang bergerak di destinasi wisata keadaan Desa Talkandang tak memungkinkan mengingat lahan banyak dipergunakan di pertanian “ujar Kades Suriyanto saat temu bincang di dampingi oleh Staf Perencanaan Desa Muhammad Anwar. Senin 27/2/2023.
Lebih jauh menambahkan “kita akan fokus pada bagaimana ketahanan pangan yakni pertanian supaya petani dipermudah dalam panen serta penguatan ekonomi masyarakat “ungkap Kades Talkandang ini.
Untuk mengimplementasikan program pusat dari Kementrian Desa Tertinggal dan Transmigrasi Dr(Hc) Drs. A Halim Iskandar M. Pd ,dapat perhatian dari pemerhati ekonomi Non Govermant Organisation (NGO) joko Suharto bahwa Dana Desa /DD skala prioritasnya untuk kemandirian desa yakni dibidang BumDes ” untuk mewujudkan kemandirian desa, BumDes nya harus degeliatkan “ujar aktifis Peduli Ekonomi mikro saat dalam rangka pengawalan peran BumDes ke kerajaan-kerajaan kecil yakni Desa.(117)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *