PERESMIAN GEDUNG PELAYANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENCY DASAR (PONED) DI PUSKESMAS BINAKARYA UTAMA PUTRA RUMBIA

 107 total views

Global investigasinews com.putra Rumbia Lampung tengah ,Prov lampung

Read More

Senin,26 Juni 2023 ,pelaksanaan kegiatan
Peresmian gedung pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED)
secara simbolis dengan pemotongan pita oleh camat putra Rumbia Eka Dedi Mahendra SPD MM telah meresmikan Gedung Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) Puskesmas bina karya utama kec putra rumbia.

Acara peresmian gedung pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) digelar di Puskesmas Bina karya utama Kecamatan putra Rumbia,
Senin (26/06/2023) Peresmian gedung pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) telah sah diresmikan dengan pemotongan pita oleh bapak camat putra Rumbia EKA DEDI MAHENDRA,SPD,M.M.

Camat putra Rumbia menyampaikan bahwa pelayanan rawat inap di Puskesmas Bina Karya Utama kecamatan Putra Rumbia sudah dibuka dan sudah siap digunakan ,untuk warga kami khususnya di kecatan putra Rumbia ini

Lebih lanjut, Bapak camat menuturkan bahwa hadirnya pelayanan rawat inap di Puskesmas bina karya utama kec putra Rumbia adalah dalam rangka mempermudah masyarakat mendapatkan akses perawatan kesehatan rawat inap tanpa harus jauh-jauh turun pergi ke kota.

Dengan adanya puskesmas yang ada rawat inap ( PONED ) ini masyarakat tidak perlu jauh ke luar sana namun bisa ditangani disini, kecuali memang perlu penanganan lebih lanjut baru turun kita bawa ke penanganan yang khusus jelasnya.

Camat putra Rumbia juga mengungkapkan bahwa ia berusaha memaksimalkan pelayanan kesehatan di Kecamatan putra Rumbia khususnya untuk ibu melahirkan dalam rangka menekan angka kematian ibu dan bayinya. “Jadi memang sekarang setidaknya bisa memaksimal untuk daerah kita yaitu di kecamatan putra Rumbia ini dengan adanya puskesmasnya bukan hanya sekedar cek atau rawat jalan, tetapi bisa rawat inap juga.Supaya kalau ada persalinan bisa di puskesmas bina karya utama kecamatan putra Rumbia ini karena sudah bisa melayani seperti itu. Ini juga merupakan salah satu upaya menekan angka kematian Ibu dan Bayi,” terangnya.

Melalui penyediaan fasilitas layanan rawat inap, camat putra Rumbia berharap agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih maksimal, meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, dan juga dalam rangka menunjang program kesehatan gratis hanya cukup pakai KTP saja ungkapnya

Sebelumnya, Kepala Puskesmas bina karya utama kec putra Rumbia i Wayan Bagya ,S.Kep.,M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa data pada Tahun lalu jumlah ibu hamil yang proses melahirkan banyak yang di rujuk keluar sana ungkapnya.

Mudah mudahan Dengan terwujudnya poned baru ini untuk cakupan pertolongan persalinan dapat meningkat, dan dapat menekan jumlah kasus rujukan ke rumah sakit. Karena sebagian kasus yang datang ke rumah sakit seharusnya bisa tertangani di poned terlebih mengingat peta georgrafis kec putra Rumbia ini yang cukup jauh dari rumah sakit dimana memerlukan waktu 2.5 jam apabila merujuk tergantung rumah sakit yang merujuk,” ujar Wayan Bagya.

Dalam kegiatan peresmian tersebut turut hadir babinkamtibmas ,serta Babinsa dan semua kepala kampung Se-Kecamatan Putra Rumbia ,Tokoh masyarakat ,tokoh agama , beserta unsur Forkopincam putra Rumbia , Para Ketua PKK, dan warga masyarakat Putra Rumbia .tutupnya (*)

( Lucky )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *