Kejari Sergai Musnahkan Barang Bukti Berkekuatan Hukum Tetap

 58 total views

SERGAI,-Global Investigasi News Com Kejaksaan Negeri (Kejari) Serdang Bedagai laksanakan Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum yang Telah Berkekuatan Hukum Tetap (INKRACH) Tahun 2023 Kamis, (30/11/2023).

Read More

Kepala Kejaksaan Negeri Sergai Mayhardi Indra Putra, S.H., M.H didampingi Kasi Intelijen Rommel Tarigan, Kasi BB Freddy Pasaribu kala sesi wawancara dengan para awak media sesuai kegiatan pemusnahan barang bukti menyampaikan,

“Hal pemusnahan barang bukti hasil kejahatan ini kita lakukan setelah melalui hukum tetap (inkrahct) dan untuk pembuktian kepada masyarakat bahwa hukum harus ditegakkan bagi siapa pun yang melanggar nya,” ujar Kajari.

Ada sekitar 232 perkara yang sudah Inkracht, berkekuatan hukum tetap yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Sergai dan kasus yang paling menonjol dalam penyampaian Kajari adalah penyalahgunaan narkotika.

“Barang bukti yang dimusnahkan adalah barang bukti narkotika jenis sabu dan ekstasi dengan cara di blender dan di buang ke galian tanah yang telah di gali, sementara untuk barang bukti yang bersifat lainnya dilakukan pembakaran di tong sampah dan sebagian lainnya di gerinda,” jelasnya.

Dari sejumlah kasus yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap kurang lebih dalam satu tahun ini total yang telah inkracht ada 232 perkara, diantaranya kasus narkotika 172 dengan barang bukti sabu 299,58 gram, ganja 238,78 gram serta ekstasi 92 butir, kasus oharda 27 dan tindak pidana lain nya 33 perkara.

“Semoga dikemudian hari untuk kriminal dapat berkurang di Kabupaten Serdang Bedagai dan beberapa kasus yang saat ini masih ditangani pihak Kejaksaan masih ada dalam tahap upaya hukum karena setelah sebelumnya putusan hukuman mati dengan kasus narkotika sabu 28 kg,” pungkas Mayhardi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, AKBP Oxy Yudha Pratesta dan jajarannya, Sekda Kabupaten Sergai Faisal Hasrimy, Kaban BNN Kabupaten Sergai KOMPOL Antonius Pangaribuan, serta perwakilan Pengadilan Negeri Sei Rampah dan Kodim 0204/DS Kapten Inf Abdul Malik.( J.Purba )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *