Hari Aids Sedunia Tingkat Kabupaten Dompu Dilaksanakan Di Lapangan Utama Lapas Dompu

 82 total views

Dompu.NTB//suaraglobal.id.

Read More

Momentum peringatan hari aids sedunia tingkat Kabupaten Dompu Sabtu (01/12/23) sekitar pukul 07.00 Wita di selenggarakan di Lapas Dompu. Hal ini sangat berbeda bila di bandingkan dengan tahun sebelumnya.

Giat tersebut di awali dengan senam sehat bersama yang di ikuti oleh seluruh pegawai lapas Dompu warga binaan yang di pimpin Kalapas H.A.Halik S.Sos dan di pandu Farhan selaku instruktur senam yang handal di Daerah ini. Warna warni senam pagi bersama di sambut meriah oleh warga binaan lapas Dompu berjumlah sekitar 358 orang dan di ikuti juga oleh puluhan pegawai lapas Dompu.

Ketika awak media bincang-bincang dengan Kalapas Dompu menyampaikan, rencananya kegiatan senam pagi bersama ini di ikuti oleh orang nomor dua di Kabupaten Dompu, namun karena wakil Bupati Dompu terlambat tiba di lapas Dompu sehingga beliau tidak bisa mengikuti senam pagi bersama dengan warga binaan.

Lanjut Halik rangkaian kegiatan tersebut tak sampai di situ saja tapi berlanjut kegiatan pemberian makanan bergizi bagi warga binaan, pemeriksaan kesehatan narapidana dari penyakit menular dan pemberian bantuan berupa sarung, selimut dan handuk dari pemda Dompu dengan melalui undian nomor oleh ratusan warga binaan lapas Dompu.

“Alhamddulillah warga binaan lapas Dompu yang beruntung mendapat hadiah/bantuan tersebut sekitar 45 orang,”papar Kalapas.

Kalapas Dompu H.A.Halik S. Sos dalam sambutan awal menyampaikan pertama-tama menyampaikan terima kasih yang setinggi-tinggi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu yang mempercayakan Lapas Dompu sebagai tempat/penyelenggara peringatan hari aids sedunia tingkat Kabupaten Dompu tahun 2023 ini, dan kegiatan ini sangat kami sambut dengan rasa bangga dan senang hati apalagi kegiatan ini dihadiri langsung oleh orang nomor 2 di Kabupaten Dompu, H.Syahrul Parsan ST. MT.

Masih sambutan Kalapas Dompu dalam memen ini ia melaporkan kepada wakil Bupati Dompu bahwa jumlah warga binaan/ narapidana laki-laki yang ada di lapas Dompu saat ini sekitar 345 orang, sedangkan yang perempuan tidak ada.

Kemudian dalam kesempatan yang sama ia menyampaikan bahwa program unggulan di lapas Dompu saat ini adalah Pembinaan Rohani selain pembinaan lain sebagai hak Narapidana yang sudah di atur dalam peraturan dan perundangan yang berlaku.

Secara detail Halik menyampaikan program pembinaan rohani bagi warga binaan lapas Dompu tetap rutin dilaksankan terutama bagi narapidana yang beragama Islam.

“salah satunya bahwa warga binaan yang muslim semuanya sudah bisa membaca Alquran, Adzan, zikir maupun Ibadah yang lainya,” ucapnya dengan bangga bahkan ada salah satu Napi Lapas Dompu telah mengikuti lomba MTQ tingkat Nasional.

Dan di akhir sambutanya dia berharap kepada Pemerintah Daerah melalui wakil Bupati Dompu agar kiranya membantu warga binaan yang sudah memilki keahlian ini dapat di berikan kesempatan/perhatian yang sama untuk mendapatkan bantuan alat maupun usaha yang layak setelah mereka selesai menjalani hukuman di Lapas Dompu kelak, harapnya.

Pada kesempatan yang sama sambutan Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parsan ST.MT menyampaikan, Syukur Alhamdullilah pada pagi yang ceriah dan panas ini saya bisa bersilaturahmi langsung dengan seluruh warga binaan Lapas Dompu serangkaian dengan Peringatan Hari Aids sedunia dan Hari Hak Asasi manusia sedunia sebagaimana yang di sampaikan Kalapas Dompu tadi. Dan saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu merasa bangga dan berterima kasih yang setinggi-tingginya Kepada Kalapas Dompu bisa menfasilitasi dengan baik untuk bertemu/bertatap muka langsung dengan seluruh warga binaan dalam keadaan sehat dan semangat seprti yang kita lihat saat ini.

Lanjutnya sebagai umat muslim kita tidak boleh memutus tali persaudaraan atau membeda-bedakan antara manusia yang satu dengan lainya, “contah seperti saat ini saya bisa hadir di sini untuk bertatap muka dengan para warga binaan sekalipun saya selaku pejabat wakil Bupati Dompu, hanya saja karena waktu dan kesempatan yang membuat kita jarang untuk saling bersilaturahmi seperti hari ini. Namun demikian saya tetap membuka diri untuk selalu bertemu kepada siapapun lebih khusus kepada warga binaan Lapas Dompu.

“Saya berharap kepada warga binaan semuanya untuk tetap semangat dan selalu berdoa kepada Allah SWT semoga tetap di berikan petunjuk untuk menjadi insan yang terbaik sekalipun sedang menjalani hukuman di lapas Dompu dalam keadaan sehat walafiat,”pinta H.Syahrul sapaan akrab wakil Bupati Dompu.

Kemudian terkait permintaan dan harapan dari Kalapas tadi atas aspirasi warga binaan insyaallah akan di akomondir dan di perhatikan bagi eks narapidana yang telah memiliki keahlian (skill) setelah keluar dari lapas Dompu, janjinya.

Selanjutnya Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parsan ST.MT, di dampingi Asisten I H. Burhan SH, Kabag Kesra Drs.H.Sirajudin, Kepela PKM Dompu Barat Muzakir SKm, dan Ketua Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Dompu serta Kalapas Dompu H. A. Halik S.sos selaku tuan rumah menyerahkan bantuan/hadiah seadanya kepada 45 orang warga binaan yang beruntung dan di laksanakan sesi foto bersama dengan seluruh narapidana yang ada di lembaga pemasyarakatan kelas II B Dompu. Dan kegiatan peringatan hari Aids sedunia tingkat Kabupaten Dompu di Lapas Dompu berjalan lancar dan aman, pungkas Kalapas Dimpu. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *