Sukses Wujudkan Kesetaraan Gender, Pemkab Bandung Raih Penghargaan APE 2023

 87 total views

Pemkab Bandung Raih Penghargaan APE 2023, Naik Peringkat Jadi Kategori Madya

Read More

Prestasi kembali diukir Pemerintah Kabupaten Bandung di pentas nasional, dengan meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekpraya (APE) 2023 Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI.

Penghargaan diumumkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga secara daring, Selasa (19/12/2023) malam.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Bandung, Muhammad Hairun, mengaku bersyukur Pemkab Bandung berhasil meraih penghargaan APE 2023 dengan naik peringkat. 

Menurut Hairun penghargaan ini diraih berkat kerja keras dan komitmen semua pihak dalam mendukung kesetaraan gender di Kabupaten Bandung.

“Alhamdulillah, Kabupaten Bandung meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya tahun ini atau meningkat dari capaian sebelumnya (2021) yakni Pratama,,” kata Hairun dalam keterangannya mewakili Bupati Bandung Dadang Supriatna, Selasa (19/12/2023) malam.

Hairun mengatakan penghargaan ini bisa menjadikan Kabupaten Bandung sebagai prakarsa dalam pencapaian Pembangunan Pengarusutamaan Gender, Pemberdayaan Perempuan di daerah

Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penganugerahan yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan yang telah dilakukan sejak tahun 2004.

Penganugerahan Parahita Ekapraya didasarkan atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pengarus Utamakan Gender (PUG) Tahun 2023 yang telah disampaikan oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Hairun menuturkan, sepanjang tahun 2023 ini, Pemkab Bandung telah melaksanakan verifikasi mandiri. Kemudian oleh Kementerian PPPA dilakukan evaluasi administrasi, dilanjutkan dengan pelaksanaan evaluasi  lapangan oleh tim, sampai dilakukan verifikasi akhir.

“Jadi, Kabupaten Bandung telah mengikuti pentahapan Kementerian PPPA yang cukup panjang. Hasilnya alhamdulillah Kabupaten Bandung naik peringkat dari tahun sebelumnya kategori Pratama, menjadi kategori Madya,” ujar Hairun.

Hasil Verifikasi Akhir terdapat 12 Kementerian/Lembaga, 25 Provinsi dan 237 Kabupaten/Kota yang menerima Penganugerahan Parahita Ekapraya Tahun 2023. Salah satu penerima penghargaan APE 2023 yakni Pemkab Bandung Kategori Madya.

“Semua  ini merupakan hasil kerja bersama seluruh OPD dengan integrasi dan kolaborasi pentahelix di bawah kepemimpinan Bapak Bupati Bandung,” ucap Hairun.

Sementara dalam sambutannya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Puspayoga mengapresiasi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang telah menerapkan pengarusutamaan gender di institusi masing-masing.

“Perempuan mengisi sebagian populasi di dunia. Perempuan adalah aset bagi negara dan daerah jika mereka berdaya. Oleh karena itu saya mengajak semua pihak untuk mendampingi perempuan agar berdaya, tidak diskriminatif sehingga bijsa mencapai kesetaraan dan kedamaian,” ungkap Menteri Bintang.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *