Realisasi Target PAD Kabupaten Bandung Capai 98,5 Persen

Loading

Bupati Bandung Dadang Supriatna yang juga Wakil Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menjadi moderator dalam diskusi yang digelar APKASI di Grand Sahid Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Read More

Diskusi tersebut memfokuskan perhatian pada bidang pendidikan dan upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di masing-masing pemerintah kabupaten.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengungkapkan, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bandung sendiri di tahun 2023 tercapai 98.51 persen atau Rp1.308 triliun dari target APBD Perubahan 2023 sebesar Rp 1.327 triliun.

Berdasar catatan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bandung, capaian realisasi PAD ini unaudited dan masih dalam proses rekonsiliasi.

“Realisasi PAD tersebut diperoleh dari realisasi Pajak Daerah sebesar Rp657 miliar di mana realiasi pajak daerah ini rata-rata tercapai melebihi target 100 persen,” sebut Bupati Bandung.

Kontribusi PAD lainnya dari Retribusi Daerah yang terealisasi Rp41,3 miliar. Kemudian hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar Rp92,2 miliar (tercapai lebih 100%), serta lain-lain PAD yang sah sebesar Rp517 miliar yang tercapai 115%.

“Realisasi PAD mencapai 98,5 persen ini membuktikan kinerja ASN Pemkab Bandung sudah tampak,” ujar bupati.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *