Kunjungan Keluarga Warga Binaan Di Lapas Dompu Tetap Mentaati Prosedur Berlaku.

 41 total views

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Dalam rangka meningkatkan dan menertibkan waktu berkunjung keluarga warga binaan di Lapas Dompu tetap mengikuti prosudur yang telah di tetapkan. Hal tersebut bertempat di Layanan Kunjungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu para tamu atau keluarga dari warga binaan melakukan pendaftaran secara bergantian, Selasa ( 16/1/24 ).

Kedatangan mereka tersebut biasanya membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian dan kebutuhan lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kunjungan Keluarga ini merupakan salah satu komitmen Lapas Kelas IIB Dompu dalam memberikan Hak bagi Tahanan/Narapidana untuk dapat menerima kunjungan dari Keluarga sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Terkait hal itu Kalapas Dompu H. A. Halik S. Sos saat di konfermasi awak media tadi siang mengatakan, Layanan kunjungan tatap muka terbatas bagi warga binaan di Lapas Kelas IIB Dompu, dilaksanakan dengan tetap melaksanakan prosedur yang berlaku dan pengawasan yang ketat dari petugas lapas yang piket.

Sebelum pengunjung bertemu dengan warga binaan, maka petugas akan melakukan penggeledahan terlebih dahulu terhadap badan dan barang bawaan untuk memastikan barang-barang bawaan steril atau tidak ada barang-barang terlarang masuk ke dalam Lapas seperti Handphone, gunting, pisau, benda-benda yang dianggap dapat dijadikan alat untuk melakukan perbuatan-perbuatan di luar aturan apalagi narkoba, jelasnya.

Pengunjung yang membawa alat komunikasi seperti handphone harus menitipkannya terlebih dahulu di loker penitipan yang telah disediakan oleh petugas, dimana kunci loker tersebut dipegang oleh pengunjung yang bersangkutan.

“Hal ini di lakukan guna memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada setiap pengunjung yang menitipkan handphone tersebut,” terang Halik sapaan akrab Kalapas Dompu.

Kemudian pengunjung diarahkan oleh petugas ke ruangan besuk atau layanan kunjungan sembari memberitahukan tentang aturan dan tata tertib yang harus di ikuti oleh setiap pengunjung antara lain lamanya waktu berkunjung, menjaga kebersihan dan menjaga sopan santun selama berkunjung.

Lebih jauh Kalapas Dompu menjelaskan, Petugas Lapas selalu bersikap waspada terhadap segala kemungkinan dan tetap menunjukkan sikap yang baik dan ramah dalam memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh warga binaan dan keluarganya, imbuhnya.

Semua itu dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kepercayaan dari masyarakat sehingga dapat mewujudkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi serta mendapat kesan terbaik bagi setiap pengunjung yang datang di Lapas Dompu, pungkasnya. Jurnalis, Rdw/Ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *