Satpolairud Polresta Pati Melaksanakan Giat Kirab Larung Sesaji Lomban Kupatan Sungai Tayu Tahun 2024

 49 total views

Pati – Jawa Tengah

Read More

Satpolairud Polresta Pati melaksanakan giat pelaksanaan kirab Larung sesaji Lomban Kupatan Sungai Tayu Th 2024, Alur sungai Tayu, Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, Jum’at, 19 April 2024,08.30 WIB s.d selesai.

Dalam pelaksanaan giat kirab Larung sesaji Lomban kupatan sungai Tayu Th 2024,hadir dalam acara tersebut, Bp. Muhammad Roni, Ka Bid Pemasaran Dinporapar kab Pati, Muspika kec.Tayu, Kades dan perangkat desa Sambiroto kec Tayu dan perwakilan kades, peserta kirab Larung sesaji 17 an kelompok, Kanit Patroli IPDA SUNARDI, SH beserta anggota.

Adapun pelaksanaan kegiatan, pukul 10.00 Wib rombongan muspika kec.Tayu dan tamu undangan didampingi petugas keamanan dari Sat Pol Airud Polresta Pati, Polsek Tayu, Koramil Tayu dan tim relawan terdiri dari BPBD dan Tagana melaksanakan Larung sesaji di perairan sungai Tayu.

Dalam sambutan Camat Tayu Bp IMAM RIFA’I S.STP.M.M “menyampaikan bahwa kegiatan Lomban sungai Tayu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sekali.

“Larung sesaji kepada laut Jawa merupakan tradisi dan sebagai simbol bahwa kita wajib bersyukur kepada Allah SWT agar diberikan hasil laut yang melimpah dan diberikan keselamatan kepada seluruh masyarakat”. Imbuhnya.
Acara dilanjutkan dengan melarung kepala kerbau di perairan sungai Tayu dengan diikuti perahu nelayan tradisional sebanyak 70 an perahu dengan muatan masing-masing perahu 7 s/d 9 orang.

Sebagai Warga Negara Indonesia khususnya pulau Jawa yang tidak terlepas dari adat dan budaya sehingga wajib bagi kita untuk melestarikan kebudayaan diantaranya tradisi Larung sesaji karena untuk keselamatan dan keberkahan kedepannya”.tambahnya.
“Selama kegiatan berjalan tertib aman dan lancar”. pungkasnya.

Sumber : Humas Polresta Pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *