Puncak Acara Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60, Lapas Pati Gelar Upacara dan Tasyakuran.

 43 total views

PATI – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pati beserta jajaran laksanakan upacara peringatan dan tasyakuran Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-60, Sabtu (27/04). Upacara di laksanakan di halaman depan Lapas dan diikuti seluruh petugas.

Read More

Bertindak sebagai Pembina upacara, Kalapas Pati, Febie Dwi Hartanto dalam amanatnya menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menegaskan bahwa Hari Bakti Pemasyarakatan bukanlah kegiatan seremonial semata, tetapi adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, selaras dengan arah dan tujuan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

“Kita semua patut bersyukur dan berbahagia, bahwa Undang- Undang Pemasyarakatan memandatkan bahwa pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan berdasarkan asas pengayoman, non diskriminasi, kemanusiaan, gotong royong, kemandirian, proporsionalitas, kehilangan kemerdekaan merupakan satu-satunya derita, serta profesionalitas. Hal ini sesuai dengan way of life bangsa kita yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perbuatan yang merendahkan derajat martabat manusia,” ucap Kalapas.

Diakhir amanatnya Kalapas mengajak kepada seluruh peserta upacara agar kembali berpegang pada prinsip yang diikrarkan dalam Konferensi Lembang Tanggal 27 April Tahun 1964, bahwa tembok hanyalah sebuah alat, bukan tujuan Pemasyarakatan. Usaha Pemasyarakatan tidak hanya bergantung pada kokohnya tembok atau kuatnya jeruji. Pemasyarakatan adalah segala bentuk usaha untuk mengembalikan para pelanggar hukum ke tengah-tengah masyarakat, maka dari itu kedudukannya bukanlah terpisah dari masyarakat itu sendiri.

Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 pada tanggal 27 April 2024 mengangkat tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak”. Dengan peringatan ini akan menjadi momentum bagi seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk semakin mengukuhkan komitmen dalam mencapai tujuan pemasyarakatan serta meningkatkan kinerja.

Usai Pelaksanaan upacara kegiatan dilanjutkan giat tasyakuran sebagai bentuk syukur dalam memperingati dan merayakan HBP Ke-60, acara tasyakuran ini diikuti oleh seluruh petugas Lapas Pati.

Sumber : Humas Lapas IIB Pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *