Tiga Siswa MTs. Negeri 1 Pati Dilepas Pj. Bupati ke Olympiade TIMO, Bangkok – Thailand

 47 total views

Pati – Jawa Tengah
Kabar mendunianya prestasi siswa MTsN 1 Pati bukanlah isapan jempol belaka. Tak main-main, tiga siswa MTsN 1 Pati dilepas Pj. Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro ke Final Round Thailand International Mathematic Olympiad (TIMO) yang akan berlangsung tanggal 24 hingga 29 April 2024 di Bangkok, Thailand. Pelepasan dilakukan di Pendopo Kabupaten pada Selasa (23/4).

Read More

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Pati, terima kasih kepada bapak kepala madrasah beserta jajarannya yang telah berhasil mengantarkan siswanya sampai ke ajang olimpiade tingkat internasional,” kata Henggar mengawali kata pelepasannya.
Ia menambahkan, dengan ke ikut sertaan siswa MTsN 1 Pati dalam ajang tingkat internasional ini tentunya tidak hanya mengharumkan nama Kabupaten Pati akan tetapi juga provinsi dan nasional.

“Ini sebuah prestasi yang harus disyukuri dan patut dibanggakan karena dengan prestasi ini bisa mengharumkan Indonesia, Jawa Tengah, utamanya mengangkat derajat Kabupaten Pati di kancah internasional,” ungkapnya.

“Saya yakin, walaupun ini levelnya lebih tinggi akan tetapi dengan bekal yang sudah dipersiapkan sebelumnya mudah-mudahan nanti bisa berbuat lebih baik,” imbuh Henggar.

Henggar berharap ketiga siswa MTsN 1 Pati ini tetap semangat dalam mengikuti olimpiade.
“Musuh kalian yang terberat adalah diri sendiri, ketidakpercayaan pada kemampuan diri sendiri adalah 50% kekalahan, untuk itu walaupun kalian berasal dari Madrasah, kalian tetap bisa bertanding dengan optimis namun tetap rendah hati, karena berani bertanding itu juara, sedangkan mendapat medali itu berkah,” tutupnya.

Tidak hanya Henggar, Ahmad Syaikhu, Kakankemenag Kabupaten Pati, juga memberikan wejangan semangat kepada ke-3 siswa MTsN 1 Pati.

“Kalian adalah bintang-bintang perwakilan madrasah,” ujar Syaikhu saat ditemui disela sela membuka kegiatan Sinkronisasi Kloter Haji 2024, di Hotel Safin, Pati.
Syaikhu menyampaikan, tidak banyak siswa madrasah yang berkesempatan mengikuti final sampai ke luar negeri sehingga moment seperti ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

“Kami do’akan agar kalian bisa bersinar terang di negeri orang, dan akhirnya bisa membanggakan diri sendiri, orang tua, Bapak Ibu guru madrasah, dan tentunya Kemenag Pati, Kanwil Jateng, juga Kemenag RI,” harap Syaikhu.
“Selamat berjuang anak-anakku, semoga rahmat Allah menyertai kalian,” pungkasnya.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati sangat bersyukur setelah melalui

proses dan penantian panjang akhirnya cita-cita untuk menduniakan madrasah yang ia pimpin dapat tercapai.
“Proses tidak akan menghianati hasil. Alhamdulillah, setelah melalui proses dan penantian panjang, akhirnya cita-cita kami untuk menduniakan madrasah tercapai,” ucapnya.
Syafak menyebutkan, setelah siswa MTsN 1 Pati berhasil membawa medali internasional di bidang riset dan robotik, kini saatnya tim akademik yang dibidangi program unggulan matematika siap bertanding dan bersanding di Negeri Gajah Putih.
“Ini kesempatan langka dan indah untuk menunjukkan bahwa madrasah bukan lembaga pinggiran nomor sekian, tetapi madrasah bisa berdiri di barisan paling depan untuk menunjukkan ke dunia dengan program-program andalnya,” tegasnya.
“Selamat berjuang anak-anakku, pengorbananmu adalah jariyah bagimu, prestasimu adalah rahmat terbesar dari Allah Swt.,” sambung Syafak.
Lebih lanjut, Syafak berharap kepada anak-anak dan pendamping untuk selalu menjaga karakter dan ahlakul karimah sebagi ciri khas bangsa Indonesia yang beradab tinggi.
“Kalian adalah duta madrasah, duta negara, duta bangsa, dan duta tanah air. Sikap kalian akan menunjukkan wajah Indonesia. Untuk itu, tetaplah berjuang melalui potensi kalian masing-masing. Jangan sampai lupa menjalankan perintah Allah, Rasulullah, dan pembiasaan-pembiasaan baik yang sudah kalian jalani,” pesannya.

Sumber : Kepsek Mts N 1 Pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *