Salut, Warga Desa Jayamekar Bangun Jalan Secara Swadaya

  • Whatsapp

 246 total views,  1 views today

Penulis : Ade Kaperwil Propinsi Banten

Read More

Pandeglang – Globalinvestigasi. Com. Warga Desa Jayamekar Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang -Banten. Gotong royong membangun jalan yang rusak yang sering menimbulkan kecelakaan dengan cara Swadaya iuran dan di kerjakan gotong royong masyarakat desa jayamejar.

Jalan lama yang yang berstatus jalan kabupaten pernah di bangun di perkirakan dari dana APBD kabupaten pandeglang di perkirakan tahun 2006 sepanjang 1000 meter dari perbatasan desa Citaman hingga ujung desa jayamekar, secara keseluruhan sudah rusak parah.

Meskipun menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, namun warga tidak mau berpangku tangan dan menunggu pembangunan infrastruktur dengan dana APBD.

“ Pembangunan jalan secara swadaya ini merupakan bentuk kepedulian, inovasi, dan kreativitas, masyarakat Desa dalam rangka mewujudkan kemandirian,” tutur Mail warga jayamekar.

Ketua BPB Sujai yang biasa di panggil Emo mengatakan “Alkhamdulillah Masyarakat antusias Gotong royong menjadi salah satu cara mengembalikan nilai luhur masyarakat pedesaan dan bangsa . Pola ini seharusnya dapat dijadikan model pembangunan jalan sekala kecil dengan melibatkan tenaga Suwadaya Masyarakat, kami beton jaln dengan cara suwadaya tidak secara keseluruhan karena terbatas dana hasil iuran dan sumbangan dari para dermawan luar desa kami, kami perbaiki jalan hanya di titik yang benar-rusak pas tanjakan dan menikung sering terjadi kecelakaan.

Emo menambahkan, Jalan ini di bangun sekitar tahun 2006, pas tanjakan di sini ancur aspal dan batu terkelupas tinggal tanah, di musim hujan seperti saat ini jalan jadi licin oleh karena itu kami BPD dan kepaladesa mengambil inisiatif untuk membangun jalan dengan cara suwadaya.

Mail menambahkan “Di sini sering terjadi kecelakaan, saya sendiri sering terjatuh, belum lagi anak sekolah sering pulang lgi gak jadi sekolah akibat luka terjungkir dari motor, bahkan pernah mobil pengangkut ayam terbalik acak-acakan bang ayamnya, Saya berharap kepada pemerintah agar segera di perbaiki agar tidak ada lagi korban dan roda ekonomi masyarakat lancar, tutur mail. Ade m

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *