Pemerintah Kabupaten Toba Samosir Bekerjasama Dengan BPS Menggelar Apel Koordinasi Sensus Penduduk

  • Whatsapp

 116 total views,  1 views today

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar apel koordinasi Sensus Penduduk tepatnya, di lapangan depan kantor Bupati hari jumat 14 Februari 2020.
Sensus ini akan dilaksanakan secara serentak setiap persepuluh tahunnya oleh pemerintah. Pelaksanaan sensus kali ini akan dilakukan dalam dua periode, yakni satu dengan cara sensus penduduk secara online, dan kedua dengan cara kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan.
“Periode pertama sensus online dilaksanakan pada tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 dan periode kedua melakukan wawancara dengan warga pada tanggal 1 sampai 31 juli 2020,” kata Kepala BPS Kabupaten Tobasa, Drs. Whenlis Msi usai acara apel koordinasi sensus penduduk 2020.
Sementara Bupati Tobasa, Ir. Darwin Siagian menjelaskan, kegiatan sensus ini akan sangat membantu dalam hal menjawab antara selisih perbedaan data jumlah penduduk antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dengan BPS dimana mencapai tiga puluh ribuan.
“Data dari Dukcapil akan dibandingkan dengan data hasil sensus BPS, nanti kita lihat hasil perbedaannya”, ucap beliau.
“Berdasarkan data statistik BPS tahun 2019 jumlah penduduk di Kabupaten Tobasa sebanyak 182.673 jiwa, terdiri dari laki laki sebanyak 90.686 jiwa dan perempuan 91.987 jiwa”.
Tambah Pak Darwin Siagian berharap, kepada seluruh ASN, BUMN, BUMD, TNI dan Polri agar dapat berperan aktif dikegiatan ini dengan cara mendaftarkan dirinya untuk di sensus.
Setelah selesai kegiatan apel koordinasi sensus penduduk acara dilanjut dengan senam bersama. (Asm)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *