PETUGAS PENGAIRAN IRIGASI SIRING SELURUNG KAMPUNG SUMBER SARI BANJIT WAYKANAN MEMBANTU PETANI DALAM MEMBUAT TALANG SALURAN AIR

 810 total views

HENDRI PETUGAS PENGIRAN IRIGASI SIRING SELURUNG, NON TEHNIS KAMPUNG SUMBER SARI, BANJIT WAYKANAN
IKUT SERTA MEMBANTU PETANI SAWAH DALAM RANGKA MEMBUAT TALANG SALURAN AIR YANG BESIPAT SEMENTARA

Read More

WAYKANAN LAMPUNG, Irigasi Siring selurung NoN TEHNES kampung sumbersari kecamatan BANJIT . longsor total.akibat deras nya curah hujan. Sepanjang +_ 25 m aliran irigasi Siring selurung putus total karena telah terjadi longsor hingga dinding irigasi dan pondasi nya pun ikut ambles dengan kedalaman +_ kurang 15 m.

HENDRI selaku petugas pengairan Siring selurung dengan ada nya bencana longsor ini sudah menyampaikan kepada kepala dinas pengairan KB WAYKANAN. Bahwa telah terjadi nya bencana longsor yang mengairi luas sawah +_ 200 HTR hasil laporan itu akan di bantu pembangunan di perubahan nanti. Tutur HENDRI. Namun untuk mengatasi bencana longsor ini… Petani sawah secara gabungan petani sawah kampung sumber sari dan petani sawah kampung sumber baru mengadakan suwadaya
Murni .

SuHAMNO ketua P3A Siring selurung mengatakan untuk sementara petani sawah secara gabungan mengadakan gotong royong pembuatan TALANG JEMBATAN AIR bersipat sementara maka di adakan iuran secara swadaya murni .untuk mengatasi yang pada saat ini padi sawah sangat membutuh kan air karena padi lagi bunting seni. Maka untuk itu saya selaku ketua P3A Siring selurung menyikapi bencana longsor ini. Jika ini tidak cepat di tanggulangi . Maka petani sawah akan GAGAL PANEN. Selama menunggu uluran tangan dari instansi yang membidangi di bidang pengairan maka petani sawah mengadakan swadaya murni tutur SuHAMNO selaku ketua P3A. 18/03/2020 Rabo.

Hal yang sama di katakan sekretaris P3A SAIMIN terjadi nya bencana longsor ini di akibat kan deras nya curah hujan. Maka untuk mengatasi hal ini di adakan gotong royong secara gabungan dan swadaya murni dalam pertanggal air di kenakan berpariasi. Yang tujuan nya untuk . biaya pembelian kayu balok dan papan untuk membuat talang air yang bersipat sementara. Harapan kami petani agar pihak pemerintah husus nya bapak BUPATi WAYKANAN. Agar dapat mengulur kan tangan membantu menganggarkan pebaikan irigasi non tehnis Siring selurung kampung sumber sari yang saat ini kena bencana longsor bisa di katakan padi sawah bisa terancam GAGAL PANEN.tutur nya.

Petani penggarap dan petani pemilik sawah +_ 209 htr sawah. Yang memakai air irigasi Siring selurung mengeluh kan akan terjadi nya bencana alam ini . hingga mengakibat kan irigasi non tehnis ini longsor total . sudah tidak dapat lagi mengalir kan air.

Ketua kelompok TANI Sido MAJu. Kampung sumbersari. RAHMAN Menyikapi apa yang telah terjadi putus nya aliran air akibat bencana alam. Maka akan di adakan secara bergotong royong untuk mengatasi supaya air bisa mengalir walau bersipat sementara. Menurut ketua kelompok tani SIDO MAJU.. dengan terjadi nya bencana ini akibat curah hujan yang sangat deras dan terjadi luapan air melebihi debit air yang masuk ke irigasi. Maka petani penggarap dan pemilik akan mengadakan gotong royong untuk memasang jembatan air supaya air bisa mengalir….jika ini tidak di gotongi maka petani penggarap akan ter ancam GAGAL PANEN. Tutur ketua kelompok tani .

Ketua kelompok tani SIDO MAJU. Mewakili petani penggarap dan pemilik melalui media Global news.. sangat mengharap kan bantuan dari pemerintah daerah KB waykana di husus kan pada BPK BUPATI. Kami petani sawah areal Siring selurung irigasi non tehnis. Sangat mengharap kan uluran tangan dan bantuan nya. Agar air dapat di alir kan . Hingga tidak terjadi GAGAL PANEN. Hasil pemantauan GINEWSTVINVESTIGASI.COM. (RAHMAN)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *