PENUNDAAN KEBERANGKATAN JAMA’AH HAJI SUMBA BARAT TAHUN 2020 DAMPAK COVID -19

 542 total views

PENUNDAAN KEBERANGKATAN JAMAAH HAJI SUMBA BARAT TAHUN 2020 DAMPAK COVID -19

Read More

GiNews:Mus
Rabu,24/6/2020

Sumba Barat,Global Investigasinews.Com
“Ditemui media GiNews TV.Com diruangan kerja penyelenggara haji Kabupaten Sumba Barat Ustad M.Asrakal S.Hi menjelas,Terkait penundaan dan keberangkatan jamaah haji tahun 2020 oleh pemerintah Republik Indonesia,itu dengan berbagai pertimbangan sehingga keluarnya KMH no.494 tahun 2020 tentang pembatalan itu.

Poin penting yang digaris bawahi dalam KMH itu mengingat kondisi pada saat ini,dimana Bangsa kita berada dalam suasana Covid-19,”ungkap Ustad M.Asrakal

Lanjut Ustad M.Asrakal,Demi menjaga keselamatan bersama terkhusus jamaah seluruh Indonesia pemerintah mengambil kebijakan tidak memberangkatkan dan menunda tahun 2020 ini.

Setelah menunda keberangkatan tahun ini,banyak jamaah bertanya,bagaimana dengan nasib mereka,Alhamdulilah pemerintah memberikan informasi melalui menteri agama,bahwa jamaah yang tertunda tahun ini akan di berangkatkan tahun 2021,dan tetap di prioritaskan untuk berangkat tahun depan.

Diakatakan lagi,untuk tahun pertama masih di prioritaskan jamaah tahun ini.Sementara untuk penambahan Kouta belum bisa di sampaikan,nanti di lihat jumlah jamaah yang berangkat tahun 2021 nanti.

Misalnya tidak memenuhi kouta katakan meninggal,kadang-
kadang tidak mau berangkat dan sebagainya,maka dapat di ganti atau di tambah dengan Kouta yang lain,”ucap Ustad Asrakal

Ditambah ustad M. Asrakal terkait pendaftaran jamaah haji tetap di buka sebagaimana biasa setiap jam kerja,tidak menghentikan pendaftaran jamaah haji,sambil menunggu giliran atau antrian.Alhamdulilah kepada jamaah haji rata-rata kita sampaikan sosialisasi,bahkan seluruh NTT baik secara lisan maupun perorangan dan menjelaskan nanti secara detail,di samping itu kita sampaikan melalui media dan itu kewajiban harus disampaikan.

Sementara rencana di Kemenag sendiri akan mengadakan suatu pertemuan melibatkan instansi terkait untuk duduk sama-sama bicarakan tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji,”tutup Ustad M.Asrakal

Harapan dan himbauan saya pada jamaah haji Sumba Barat,agar menerima kenyataan ini dengan ihklas dan sabar.Ini tidak lain merupakan ujian dari Allah SWT.Dan barang siapa yang ihklas dan sabar,maka dengan kenyataan ini,Allah SWT akan mencintai orang yang sabar.

Selalu senantiasa berdoa pada Allah SWT sehingga pada tahun berikutnya kiranya mereka dapat berangkat sesuai dengan jadwal.Sebagai pemerintah kita mengharapkan supaya menjaga kesehatan dengan mengacuh pada Protokol kesehatan yaitu cuci tangan,jaga jarak dan gunakan Masker semua itu penting kita lakukan,”imbuh Ustadb M.Asrakal

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *