Kodim 0607/Kota Sukabumi Gelar Giat Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana

 203 total views

Kodim 0607/Kota Sukabumi Gelar Giat Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana.

Read More

Bertempat di Lapangan Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi telah dilaksanakan Apel Gabungan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam. ( Jumat, 23/10/2020).

Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi Letnan Kolonel Infanteri Danang Prasetyo Wibowo, M.I.Pol. Selaku Inspektur upacara sekaligus pengambil Apel
dalam sambutanya Giat Apel Gabungan kesiapsiagaan ini ini sesuai ST dari Pangdam III/ Siliwangi no ST/ 1911/2020 tanggal 22 Oktober 2020 tentang melaksanakan Apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam. Wilayah Sukabumi khususnya saat ini memasuki musim penghujan bulan Oktober sampai Desember 2020 dengan debit air yang tinggi dan bisa menimbulkan bencana alam, untuk itu kita wajib siap siaga untuk antisipasi dengan segala hal-hal yang akan terjadi saat ini, untuk memperkokoh ikatan dan semangat silaturahmi Sinergitas antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah,Organisasi relawan agar saling berkoordinasi yang baik khususnya di wilayah Kota/Kab Sukabumi.

Sampai dengan saat ini sudah terjadi 93 bencana alam di antaranya bencana alam tanah longsor, 33 terjadi pergeseran tanah, 5 banjir,11 kebakaran dan 11 bencana lainnya. Sebagai contoh telah terjadi banjir bandang di wilayah Cicurug yaitu Hulu sungai Citatih yang saat ini banyak sampah-sampah plastik yang di timbulkan karena kurang kepedulian masyarakat kita dan Saat ini kita siapkan semua keperluan dan kelengkapan perorangan guna antisipasi dan meminimalisir kemungkinan yang akan terjadi dan menanggulangi dengan cara peduli terhadap sesama masyarakat dan lingkungan sekitar.
TNI-Polri siap membantu pemerintah daerah dalam mencegah, mitigasi dan menaggulangi akibat bencana alam yang mungkin terjadi dengan mengerahkan personel berikut dengan peralatannya hal tersebut sesuai dengan amanah Undang-undang no. 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya Bab IV pasal 7 tentang tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang ” Pungkas Dandim.

Dandim juga memberikan piagam penghargaan kepada relawan yang telah membantu penanggulangan bencana alam diwil kodim 0607/kota sukabumi. diantaranya Bpbd,ACT,Basarnas dan Kepolisian.

Kegiatan ini di ikuti sekitar 200 org peserta apel diantaranya Anggota Makodim 0607/Kota Sukabumi, Polres Sukabumi,
BPBD Kab. Sukabumi, Satpol PP, Basarnas, Damkar, Saka Pramuka peduli, ACT (Aksi Cepat Tanggap), Relawan.

Kegiatan apel ini juga dihadiri oleh Bpk Ade Setiawan Asda I Kab. Sukabumi, Mayor Cba R. Khoirullah, Kasdim 0607/Kota Sukabumi, Kompol Hadi Santoso Kapolsek Cibadak mewakili Kapolres Sukabumi,
Bpk Daeng BPBD Kab. Sukabumi,Lesto Rosandi Camat Cibadak, Budi Eka Andriana Lurah Cibadak dan tamu undangan.

Sapta Hendra

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *