Dandim 1613/SB Pantau Perkembangan Banjir Akibat Luapan Air Sungai Di Desa Baliloku Kecamatan Wanokaka

 443 total views

Dandim 1613/SB Pantau Perkembangan Banjir Akibat Luapan Air Sungai Di Desa Baliloku Kecamatan Wanokaka

Read More

Sumba Barat NTT,GlobalInvestigasinews.Com-Komandan Kodim (Dandim) 1613/SB Letkol Czi Irawan Agung Wibowo,S.T,M.Tr(Han) didampingi Komandan Koramil (Danramil) 1613-02/Walakaka Kapten Inf Nurhadi, Kepala Desa Baliloku dan Babinsa setempat, serta perangkat Desa setempat memantau langsung banjir bertempat di Kampung Tana Arung Desa Baliloku Kecamatan Wanukaka Kabupaten Sumba Barat. Senin (06/04/2021)

Dandim 1613/ Sumba Barat juga mengecek pemukiman warga sekitar yang berjumlah 68 KK yang terdampak banjir akibat luapan air sungai setinggi sekitar 1 Meter.

Komandan Kodim 1613/Sumba Barat meminta para Bintara Pembina Desa (Babinsa) maupun jajaran Koramil memantau wilayah rawan banjir menyusul tingginya curah hujan di Propinsi NTT khususnya di Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Tengah akhir-akhir ini.

“Akibat luapan air sungai sudah masuki wilayah pemukiman warga yang berada di sekitar bantaran Sungai oleh Karena itu para Babinsa maupun Koramil di jajaran Kodim 1613/Sumba Barat  bisa mengingatkan warga untuk waspada bencana banjir,” kata Letkol Irawan.

Dikatakan pula oleh Dandim pemantauan sejak dini bertujuan untuk mengantisipasi bencana banjir, khususnya di pemukiman warga yang berada di bantaran sungai serta memberikan imbauan kepada warga untuk mewaspadai banjir bila curah hujan terus tinggi.

“Jajaran Kodim 1613/Sumba Barat pun siap siaga memantau dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur terkait untuk membantu mengantisipasi banjir,” tandasnya

Danramil 1613-02/Walakaka, Kapten Inf Nurhadi mengatakan, dari hasil pemantauan terkait debit sungai, banjir mulai memasuki pemukiman warga yang berada dibantaran sungai.

“Bersama Babinsa kita melaksanakan pengecekan debit air sungai dan pemantauan wilayah menyusul sudah mulai meluapnya air Sungai yang berada di Kecamatan Wanukaka ini yang mulai berdampak kepada warga masyarakat,” jelas Kapten Danramil.

Sampai dengan saat ini rumah warga tidak ada yang terendam banjir, hanya jalan desa dan sebagian persawahan yang terendam air.

Dihimbau kepada warga masyarakat terutama yang berada disekitaran bantaran sungai agar selalu waspada akan luapan air sungai akibat dari curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi saat ini.

Saat ini sedang di lakukan pendataan jumlah pasti danpak dari banjir akibat luapan air sungai oleh BPBD Kabupaten Sumba Barat bersama Kodim 1613/Sumba Barat berserta Intansi terkait.
M/Global

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *