Kalapas Pati, Dampingi Wamen Kemenkumham RI saat Kunjungan ke Lapas Purwodadi

 450 total views

Purwodadi-Jateng.

Read More

Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej atau yang akrab disapa Prof. Eddy mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Purwodadi di Kabupaten Grobogan, Sabtu sore (11/06).

Turut mendampingi kunjungan Wamenkumham, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto, Kepala Divisi Administrasi, Jusman, Ka Lapas Pati Febie Diw Hartanto beserta Kepala UPT Se Eks Karesidenan Pati.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia overload. Jumlah totalnya, lebih dari 100 ribu narapidana. Itu diungkapkan’ Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) RI Prof. Eddy. ”Iya banyak. 100 ribu lebih (napi, red) kok,” katanya saat menyambangi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwodadi Grobogan, Jawa Tengah

Menurut Wamenkum HAM meskipun statusnya lapas, namun penghuni di Lapas Purwodadi tidak hanya narapidana namun juga ada tahanan yang belum mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Karena penghuninya ada juga yang belum mempunyai kekuatan hukum tetap, artinya Lapas Purwodadi juga menjalankan fungsi rutan,” jelasnya.

Kalau lapas menjalankan fungsi rutan, lanjut Prof. Eddy, tidak menjadi soal, tapi yang menjadi masalah adalah jika rutan menjalankan fungsi lapas.

”Yang kasihan itu rutan yang menjalankan fungsi menjadi lapas. Karena apa? Itu terkait anggaran. Kalau rutan tidak memiliki anggaran pembinaan, kalau lapas punya,” kata Edward.

Edward menyatakan hal tersebut menjadi perhatiannya. Pihaknya pun segera berkomunikasi dengan Kementrian Keuangan. Dengan begitu, ke depan rutan juga memiliki anggaran pembinaan. ”Itu yang harus kami bicarakan dengan Menteri Keuangan. Yang mana, meskipun rutan, harus juga diberikan (anggaran, red) untuk pembinaan. Karena di sana tidak hanya tahanan, tapi juga narapidana,” tandasnya

(Ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *