TNI/Polri Boyolali Ngarit Beri Pakan Ternak Warga Dampak Erupsi

 30 total views,  1 views today

Boyolali ā€“ Upaya membantu korban terdampak erupsi Gunung Merapi terus dilakukan. Tidak hanya membantu masyarakat, TNI Polri juga berupaya membantu penyiapan pakan bagi ternak warga yang terdampak erupsi.

Read More

Dandim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy M.A mengatakan tim gabungan TNI -Polri baik dari Kodim 0724/Boyolali maupun Polres Boyolali terus berupaya membantu korban terdampak erupsi. Tak hanya membantu masyarakat, kami juga membantu warga dalam menyiapkan pakan bagi ternak mereka.

“Bantuan pakan ternak sangat dibutuhkan peternak lantaran sumber pakan ternak tersebut banyak yang tertutup abu vulkanik akibat meningkatnya aktivitas Merapi.” ujarnya

Dandim menambahkan bahwa untuk mengatasi hal tersebut kami bersama -sama berupaya mencari rumput ( ngarit ) untuk membantu menyediakan pakan ternak milik warga yang terdampat erupsi seperti di Desa Jrakah, Desa Klakah dan Desa Tlogolele.

Pak Suyitno ( 45) salah satu warga Tlogolele yang terdampak abu vulkanik menjelaskan, bantuan pakan ternak berupa rumput saat ini adalah yang paling dibutuhkan oleh  peternak di lereng Merapi yang terdampak erupsi.

“Kami para petani sudah kesulitan mencari pakan sejak tiga hari terakhir.
Apalagi situasi masih seperti ini, tidak turun hujan yang membuat rumput tidak bisa dibuat menjadi pakan. Di kawasan sini rumput tertutup abu” ujar Suyitno

” Matur nuwun bapak polisi dan bapak tentara, kami memang sulit cari pakan karena erupsi,” pungkas Suyitno.

Dandim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A. mengatakan Tim gabungan TNI dan Polri berinisiatif mencari pakan ternak untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak korban erupsi, tak tangung -tanggung , mereka terjun lagsung ngarit di daerah Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali.

Dandim juga menambahkan, kendaraan milik TNI-Polri juga digunakan untuk mengangkut bantuan pakan ternak berupa rumput gajah ( kolonjono) yang di ambilkan dari wilayah Jelok Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali.

Banyak warga berkeluh kesah selama erupsi Merapi tidak turun hujan sehingga mengakibatkan tanaman rumput untuk pakan ternak masih tertutup debu sehingga mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak mereka.

“Kami berinisiatif memberikan bantuan semoga bisa meringankan beban warga masyarakat khususnya para peternak di Desa Tlogolele,” pungkas Dandim.

(Agus Kemplu)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *