Pagu Anggaran Kementerian PUPR Dalam RAPBN TA. 2024 Disetujui Komisi V DPR RI Sebesar Rp. 146,98 Triliun Kementerian PUPR

 307 total views

Pagu anggaran Kementerian PUPR dalam RAPBN Tahun Anggaran 2024 disetujui Komisi V DPR RI sebesar Rp146,98 triliun yang ditetapkan dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI bersama Kementerian PUPR, Kamis (7/9/2022).

Read More

Menteri Basuki mengatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi, seluruh pekerjaan konstruksi program TA 2024 tuntas pada tahun 2024, terutama program – program
strategis dan prioritas nasional sehingga infrastruktur tersebut dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain itu, Menteri Basuki akan berupaya memenuhi aspirasi anggota Komisi V DPR RI dengan menambah alokasi anggaran untuk program Padat Karya Tunai, seperti P3TGAI, pemeliharaan jalan dan jembatan, Pamsimas, Sanimas, PISEW, dan BSPS. Penambahan ini akan dibiayai dari hasil lelang pekerjaan pada tahun sebelumnya.

Beberapa kegiatan prioritas TA 2024 mencakup pembangunan infrastruktur sumber daya air seperti bendungan, revitalisasi danau, irigasi, pengendali banjir, dan embung dengan total dana Rp47,64 triliun.

Bidang jalan dan jembatan akan menerima alokasi sebesar Rp55,40 triliun untuk peningkatan konektivitas jalan, pemeliharaan rutin jalan, pembangunan jalan baru, dan flyover/underpass.

Pembangunan permukiman mendapatkan alokasi Rp32,70 triliun, dengan fokus pada pengembangan sistem penyediaan air minum dan pengelolaan limbah, serta penataan kawasan permukiman.

Alokasi dana sebesar Rp9,25 triliun akan digunakan untuk pembangunan rumah susun, rumah khusus, dan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Selain itu, ada dukungan anggaran untuk manajemen internal kementerian dan program Padat Karya yang diharapkan dapat menyerap 264 ribu tenaga kerja dengan anggaran Rp6,67 triliun. Dukungan infrastruktur IKN juga dianggarkan sebesar Rp35,37 triliun.

SigapMembangunNegeri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *