7 Hari Sebelum Pencoblosan, Surnas LSI Denny JA

 108 total views

SATU PUTARAN SEMAKIN TERBUKA?

Read More
  • Lompatan Prabowo- Gibran di Tujuh Area

-000-

Tiga temuan Utama

  1. Prabowo – Gibran Menembus 53,5 %
  2. Prediksi Final Prabowo- Gibran dalam Interval 47.9 % – 58. 3 %
  3. Walau dikritik keras oleh banyak kampus, tingkat kepuasan atas kinerja Jokowi masih sangat tinggi: 80,8%

-000 –

Semakin terbuka Pemilu Presiden 2024 berakhir satu putaran saja untuk Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka, karena pasangan ini sudah menembus dukungan 53.5%.

Pertanyaannya, di sisa waktu tujuh hari lagi menuju pemilihan, akan adakah peristiwa besar yang akan mengurangi laju elektabilitas Prabowo-Gibran, dan membatalkan menang Satu Putaran Saja?

Jika dibandingkan dengan survei di bulan September 2023, sebelum ribut-ribut kasus MK, dukungan terhadap Prabowo-Gibran justru melompat tambah besar, di tujuh (7) area seperti: pemilih muda, wong cilik, pemilih minoritas, pemilih terdidik, pemilih di Jawa Tengah, pemilih yang puas kinerja Presiden Jokowi, hingga meningkatnya pengenalan/kesukaan terhadap Prabowo dan Gibran.

Karena masih ada pemilih yang belum menentukan pilihan, pemilih yang belum militan dan ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ณ (MoE) karena sampel, LSI Denny JA membuat prediksi dalam bentuk interval.

Prabowo-Gibran berada di interval 47.9% hingga 58.3%. Anies-Muhaimin berada di interval 18.9% hingga 26.5%. Ganjar-Mahfud berada di interval 16.8% hingga 24.0%

Dengan prediksi interval tersebut, maka 30% kemungkinan Prabowo-Gibran menang tapi ada putaran kedua. Dan 70% kemungkinan Prabowo-Gibran menang satu putaran saja.

Demikian temuan dari hasil riset terbaru LSI Denny JA tujuh hari menjelang pencoblosan.

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (face-to-face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1200 responden, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ณ survei ini sebesar 2.9%.

Survei dilakukan pada tanggal 26 Januari โ€“ 6 Februari 2024.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

-๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ-

๐๐š๐ ๐ข๐š๐ง ๐Ÿ : ๐„๐ฅ๐ž๐ค๐ญ๐š๐›๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐š๐ฌ ๐Ÿ‘ ๐๐š๐ฌ๐š๐ง๐  ๐‚๐š๐ฉ๐ซ๐ž๐ฌ

๐Ÿญ๐—”. ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ-๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜€๐—ฎ๐˜๐˜‚ ๐—ฝ๐˜‚๐˜๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐˜‚๐—ธ๐—ฎ

Hasil survei simulasi kertas suara Pilpres Februari 2024, Prabowoโ€“Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 53.5%. Posisi kedua Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 21.7%. Posisi ketiga Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas sebesar 19.2%. Sebesar 5.5% menyatakan belum memutuskan/rahasia/tidak tahu/tidak jawab. Adapun suara tidak sah sebesar 0.1%.

Dilihat secara tren, satu putaran semakin terbuka lebar.

Di survei awal Januari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 46.6%. Survei Akhir Januari 2024 terjadi kenaikan menjadi 50.7%. Saat ini di awal Februari elektabilitas Prabowo-Gibran terus naik menjadi 53.5%.

Dalam satu bulan (Januari ke Februari 2024) terjadi kenaikan 6.9% untuk Prabowo-Gibran. Dalam satu minggu (akhir Januari ke awal Februari 2024) terjadi kenaikan 2.8%. Jika tren ini bisa terus dipertahankan maka satu putaran kian terbuka lebar.

๐Ÿญ๐—•. ๐—ฆ๐˜๐—ฟ๐—ผ๐—ป๐—ด ๐—ฆ๐˜‚๐—ฝ๐—ฝ๐—ผ๐—ฟ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐˜€ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฆ๐—ผ๐—ณ๐˜ ๐—ฆ๐˜‚๐—ฝ๐—ฝ๐—ผ๐—ฟ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐˜€

Dari pemilih Prabowo-Gibran sebesar 53.5%, ada 47.9% yang merupakan ๐™จ๐™ฉ๐™ง๐™ค๐™ฃ๐™œ ๐™จ๐™ช๐™ฅ๐™ฅ๐™ค๐™ง๐™ฉ๐™š๐™ง๐™จ (pemilih kuat/militan), dan 5.6% merupakan ๐™จ๐™ค๐™›๐™ฉ ๐™จ๐™ช๐™ฅ๐™ฅ๐™ค๐™ง๐™ฉ๐™š๐™ง๐™จ (pemilih yang masih mungkin berubah).

Dari pemilih Anies-Muhaimin sebesar 21.7%, sebesar 18.9% merupakan ๐™จ๐™ฉ๐™ง๐™ค๐™ฃ๐™œ ๐™จ๐™ช๐™ฅ๐™ฅ๐™ค๐™ง๐™ฉ๐™š๐™ง๐™จ, dan 2.8% merupakan ๐™จ๐™ค๐™›๐™ฉ ๐™จ๐™ช๐™ฅ๐™ฅ๐™ค๐™ง๐™ฉ๐™š๐™ง๐™จ.

Dari pemilih Ganjar-Mahfud sebesar 19.2% sebesar 16.8% merupakan ๐™จ๐™ฉ๐™ง๐™ค๐™ฃ๐™œ ๐™จ๐™ช๐™ฅ๐™ฅ๐™ค๐™ง๐™ฉ๐™š๐™ง๐™จ, dan 2.4% merupakan ๐™จ๐™ค๐™›๐™ฉ ๐™จ๐™ช๐™ฅ๐™ฅ๐™ค๐™ง๐™ฉ๐™š๐™ง๐™จ.

Pemilih yang masih mungkin berubah untuk Prabowo-Gibran sebesar 5.6%, Anies-Muhaimin sebesar 2.8%, Ganjar-Mahfud sebesar 2.4%

๐Ÿญ๐—–. ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฒ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐˜€๐—ถ ๐—Ÿ๐—ฆ๐—œ ๐——๐—ฒ๐—ป๐—ป๐˜† ๐—๐—” ๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐—ฃ๐—ถ๐—น๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€ ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฎ๐Ÿฐ

Karena masih ada pemilih yang belum menentukan pilihan, pemilih yang belum militan dan ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ณ (MoE) karena sampel, LSI Denny JA membuat prediksi dalam bentuk interval.

๐—•๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐—ฏ๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ต merupakan pemilih militan masing-masing pasangan calon. ๐—•๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜€ merupakan gabungan hasil survei ditambah Yang Belum Memilih dibagi rata ke tiga pasang, plus ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ณ sebesar 2.9%.

Hasilnya adalah, Prabowo-Gibran berada di interval 47.9% hingga 58.3%. Anies-Muhaimin berada di interval 18.9% hingga 26.5%. Ganjar-Mahfud berada di interval 16.8% hingga 24.0%

Dengan prediksi interval itu maka 30% kemungkinan Prabowo-Gibran menang tapi ada putaran kedua, dan 70% kemungkinan Prabowo-Gibran menang satu putaran saja.

-๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ-

๐๐š๐ ๐ข๐š๐ง ๐Ÿ : ๐ƒ๐ข๐ฌ๐ญ๐ซ๐ข๐›๐ฎ๐ฌ๐ข ๐ƒ๐ฎ๐ค๐ฎ๐ง๐ ๐š๐ง ๐๐ž๐ซ๐›๐š๐ ๐š๐ข ๐’๐ž๐ ๐ฆ๐ž๐ง ๐๐ž๐ฆ๐ข๐ฅ๐ข๐ก

๐Ÿฎ๐—”. ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ด๐—ผ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—ป๐—ผ๐—บ๐—ถ (๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป), ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ-๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—น ๐—ฑ๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ด๐—บ๐—ฒ๐—ป ๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—ป๐—ผ๐—บ๐—ถ, ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ธ ๐—ฑ๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—ด๐—บ๐—ฒ๐—ป ๐˜„๐—ผ๐—ป๐—ด ๐—ฐ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ธ.

Di segmen pendapatan di bawah Rp 2 juta/bulan elektabilitas Prabowoโ€“Gibran sebesar 54.7%. Elektabilitas Ganjarโ€“Mahfud sebesar 23.0%. Elektabilitas Aniesโ€“Muhaimin sebesar 16.5%.

Di segmen pendapatan Rp 2-4 juta/bulan elektabilitas Prabowoโ€“Gibran sebesar 55.8%. Elektabilitas Aniesโ€“Muhaimin sebesar 22.5%. Elektabilitas Ganjarโ€“Mahfud sebesar 15.7%.

Di segmen pendapatan di atas Rp 4 juta/bulan elektabilitas Prabowoโ€“Gibran tertinggi dengan perolehan sebesar 43.4%. Elektabilitas Aniesโ€“Muhaimin di urutan kedua dengan 35.4%. Elektabilitas Ganjarโ€“Mahfud sebesar 16.8%.

๐Ÿฎ๐—•. ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ด๐—ผ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป, ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผโ€“๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—น ๐—ฑ๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ด๐—บ๐—ฒ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป, ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—ธ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜€.

Segmen pendidikan tamat SD ke bawah elektabilitas Prabowoโ€“Gibran sebesar 56.2%. Elektabilitas Ganjarโ€“Mahfud sebesar 22.9%. Elektabilitas Aniesโ€“Muhaimin sebesar 15.5%.

Segmen pendidikan tamat SMP sederajat elektabilitas Prabowoโ€“Gibran sebesar 56.5%. Elektabilitas Aniesโ€“Muhaimin sebesar 21.2%. Elektabilitas Ganjarโ€“Mahfud sebesar 18.0%.

Segmen pendidikan tamat SMA sederajat elektabilitas Prabowoโ€“Gibran sebesar 52.6%. Elektabilitas Aniesโ€“Muhaimin sebesar 25.9%. Elektabilitas Ganjarโ€“Mahfud sebesar 16.8%.

Segmen pendidikan tamat diploma (D3) ke atas atau pendidikan tinggi, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 37.8%. Elektabilitas Anies-Muhaimin sebesar 33.0%. Elektabilitas Ganjarโ€“Mahfud sebesar 14.8%

๐Ÿฎ๐—–. ๐——๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ด๐—ผ๐—ฟ๐—ถ ๐—š๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ฒ๐—ฟ, ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผโ€“๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—น ๐—ฑ๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—ด๐—บ๐—ฒ๐—ป ๐—น๐—ฎ๐—ธ๐—ถ-๐—น๐—ฎ๐—ธ๐—ถ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—ด๐—บ๐—ฒ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐˜‚๐—ฎ๐—ป.

Elektabilitas Prabowoโ€“Gibran di segmen laki-laki sebesar 54.1%. Elektabilitas Prabowoโ€“Gibran di segmen perempuan sebesar 52.9%.

Elektabilitas Anies-Muhaimin di segmen laki-laki sebesar 22.2%. Di segmen perempuan sebesar 21.2%.

Elektabilitas Ganjar-Mahfud di segmen laki-laki sebesar 17.3%, di segmen perempuan sebesar 21%.

๐Ÿฎ๐——. ๐——๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ด๐—ผ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ฒ๐—น๐˜‚๐—ธ ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—บ๐—ฎ, ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผโ€“๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—น ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ฒ๐—น๐˜‚๐—ธ ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—œ๐˜€๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ก๐—ผ๐—ป ๐—œs๐—น๐—ฎ๐—บ

Dari kalangan pemilih Islam, Prabowo-Gibran mendapat dukungan sebesar 53.3%, Anies Muhaimin sebesar 23.5%, Ganjar-Mahfud sebesar 17.4%.

Dari kalangan Non-Islam atau kelompok agama minoritas, Prabowo-Gibran mendapat dukungan sebesar 55.3%, Ganjar-Mahfud sebesar 37.7%, Anies-Muhaimin sebesar 2.4%

๐Ÿฎ๐—˜. ๐—ฃ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ด๐—ผ๐—ฟ๐—ถ ๐˜‚๐˜€๐—ถ๐—ฎ, ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผโ€“๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—น ๐—ฑ๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ด๐—บ๐—ฒ๐—ป ๐˜‚๐˜€๐—ถ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐˜‚๐—ธ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ ๐—ฑ๐—ถ ๐˜‚๐˜€๐—ถ๐—ฎ ๐—บ๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ (๐˜‚๐˜€๐—ถ๐—ฎ ๐Ÿฏ๐Ÿฌ ๐˜๐—ฎ๐—ต๐˜‚๐—ป ๐—ธ๐—ฒ ๐—ฏ๐—ฎ๐˜„๐—ฎ๐—ต).

Di segmen usia 30 tahun ke bawah elektabilitas Prabowoโ€“Gibran sebesar 65%. Elektabilitas Aniesโ€“Muhaimin sebesar 16.8%. Elektabilitas Ganjarโ€“Mahfud sebesar 12.6%.

Segmen usia 30-39 tahun elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 58.4%. Elektabilitas Aniesโ€“Muhaimin sebesar 19.0%. Elektabilitas Ganjarโ€“Mahfud sebesar 14.4%.

Segmen usia 40-49 tahun elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 52.0%. Elektabilitas Anies-Muhaimin sebesar 25.9%. Elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 17.7%.

Segmen usia senja (di atas 50 tahun), elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 46.9%. Elektabilitas Anies-Muhaimin sebesar 22.2%. Elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 25.7%.

๐Ÿฎ๐—™. ๐——๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ด๐—ผ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—ถ ๐—ฝ๐—ผ๐—น๐—ถ๐˜๐—ถ๐—ธ, ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐—š๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ป๐—ฑ๐—ฟ๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐˜‚๐—ธ๐˜‚๐—ป๐—ด ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ-๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฐ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐—ถ ๐Ÿด๐Ÿต.๐Ÿญ%
Prabowoโ€“Gibran unggul di lima pemilih partai yaitu Gerindra (dukungan pemilih Gerindra sebesar 89.1%), Golkar (74.6%), Demokrat (53%), PAN (7.6%), dan partai dari kubu lain: PPP (64.8%).

Aniesโ€“Muhaimin unggul di tiga pemilih partai yaitu Nasdem (64%), PKB (46%), dan PKS (77.1%).

Ganjarโ€“Mahfud unggul di satu pemilih partai yaitu PDIP dengan dukungan di pemilih PDIP sebesar 60.4%. Di kalangan partai pendukungnya sendiri: PPP, perolehan Ganjar-Mahfud lebih kecil (8.6%), dibandingkan ke Prabowo-Gibran (64.8%).

๐Ÿฎ๐—š. ๐——๐˜‚๐—ธ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฒ๐—ด๐—ผ๐—ฟ๐—ถ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ผ๐—ฟ๐—ถ, ๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ๐˜ƒ๐—ถ๐—ป๐˜€๐—ถ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฒ๐˜€๐—ฎ๐—ฟ, ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐˜‚๐—ธ๐˜‚

Prabowo-Gibran unggul di semua teritori dengan keunggulan terbesar ada di Sulawesi Selatan. Mereka unggul di Sumatera dengan elektabilitas sebesar 55.8%, Jawa (51%), Bali-NTB-NTT (56.9%), Kalimantan (59.7%), Sulawesi (65.3%), dan Maluku-Papua (42.7%).

Dari tiga provinsi terbesar (Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah), Prabowo-Gibran unggul di Jawa Barat dengan elektabilitas sebesar 55.1%, di Jawa Timur dengan elektabilitas 62.4%. Untuk Jawa tengah, Ganjar dikalahkan di kandang banteng dengan elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 48.6%, elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 39.9%.

Dari sisi kesukuan, Prabowo-Gibran unggul di Jawa dengan 51.8%, Sunda (56.3%), Melayu (60.7%), Madura (67.7%), Bugis (60.6%), Batak (77.2%), dan suku lainnya (53.8%).

Anies-Muhaimin unggul di suku Betawi (62.1%) dan Minang (73.9%).

๐Ÿฎ๐—›. ๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐˜€๐—ถ๐˜€๐—ถ ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐˜‚๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ต๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ ๐—ฃ๐—ฟe๐˜€๐—ถ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป ๐—๐—ผ๐—ธ๐—ผ๐˜„๐—ถ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐— ๐—ฒ๐—ฑ๐—ถ๐—ฎ ๐—ฆ๐—ผ๐˜€๐—ถ๐—ฎ๐—น?

Terlepas dari hingar bingar protes dari Kampus atas Jokowi, tapi kepuasan publik atas Jokowi masih sangatlah tinggi: 80,8%.

Di pemilih yang puas terhadap kinerja Jokowi, Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas sebesar 60.4%. Elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 19.4%. Elektabilitas Anies-Muhaimin sebesar 14.9%

Di pemilih yang tidak puas terhadap kinerja Jokowi, Anies-Muhaimin unggul dengan elektabilitas sebesar 47.0%. Elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 28.9%. Elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 19.4%

๐Ÿฎ๐—œ. ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ-๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐—ป๐—ด๐—ด๐˜‚๐—น ๐—ฏ๐—ฎ๐—ถ๐—ธ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐˜‚๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ถ ๐—บ๐—ฒ๐—ฑ๐—ถ๐—ฎ ๐˜€๐—ผ๐˜€๐—ถ๐—ฎ๐—น ๐—บ๐—ฎ๐˜‚๐—ฝ๐˜‚๐—ป ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐˜‚๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—ถ ๐—บ๐—ฒ๐—ฑ๐—ถ๐—ฎ ๐˜€๐—ผ๐˜€๐—ถ๐—ฎ๐—น.

Di pemilih yang mempunyai media sosial, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 53.2%. Elektabilitas Anies-Muhaimin sebesar 24.2%. Elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 17.0%.

Di pemilih yang tidak mempunyai akun media sosial elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 54%. Elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 23.2%. Elektabilitas Anies-Muhaimin sebesar 17.1%.

Di pemilih yang menggunakan medsos, di semua saluran Prabowo-Gibran unggul. sebagai contoh di pengguna WhatsApp dan Facebook misalnya.

Di pengguna WhatsApp, Prabowo-Gibran elektabilitasnya sebesar 56%. Anies-Muhaimin elektabilitasnya sebesar 22.6%. Ganjar-Mahfud elektabilitasnya sebesar 13.4%.

Di pengguna Facebook, Prabowo-Gibran elektabilitasnya sebesar 55.4%. Ganjar-Mahfud sebesar 16.1%. Anies-Muhaimin sebesar 22.3%.

Data lengkap dan detail dari distribusi dukungan berbagai segmen pemilih, dapat dilihat di bahan paparan yang disertakan.

-๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ-

๐๐š๐ ๐ข๐š๐ง ๐Ÿ‘ : ๐‹๐จ๐ฆ๐ฉ๐š๐ญ๐š๐ง ๐๐ซ๐š๐›๐จ๐ฐ๐จ-๐†๐ข๐›๐ซ๐š๐ง ๐๐ข ๐Ÿ• ๐€๐ซ๐ž๐š : ๐Œ๐ž๐ง๐ ๐š๐ฉ๐š ๐๐ซ๐š๐›๐จ๐ฐ๐จ-๐†๐ข๐›๐ซ๐š๐ง ๐ฆ๐ž๐ง๐š๐ง๐  ๐ญ๐ž๐ฅ๐š๐ค?

๐Ÿฏ๐—”. ๐—Ÿ๐—ผ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฎ, ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐˜„๐—ผ๐—ป๐—ด ๐—ฐ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ธ

Pada survei bulan September 2023, pemilih wong cilik (pendapatan di bawah Rp 2 juta/bulan) yang memilih Prabowo-Gibran sebesar 39.5%. Survei di awal Februari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran di segmen wong cilik sebesar 54.7%.

Lompatan kenaikan di wong cilik dari September 2023 ke Februari 2024 sebesar 15.2%.

๐Ÿฏ๐—•. ๐—Ÿ๐—ผ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฑ๐˜‚๐—ฎ, ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ฝ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ

Pada survei bulan September 2023, pemilih terpelajar (pendidikan D3 ke atas) yang memilih Prabowo-Gibran sebesar 30.8%. Survei di awal Februari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran di segmen terpelajar sebesar 37.8%.

Lompatan kenaikan di segmen terpelajar dari September 2023 ke Februari 2024 sebesar 7%.

๐Ÿฏ๐—–. ๐—Ÿ๐—ผ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ, ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐—บ๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ

Pada survei bulan September 2023, pemilih muda (pemilih dengan usia di bawah 30 tahun) yang memilih Prabowo-Gibran sebesar 49.5%. Survei di awal Februari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran di pemilih muda sebesar 65%.

Lompatan kenaikan di pemilih muda dari September 2023 ke Februari 2024 sebesar 15.5%.

๐Ÿฏ๐——. ๐—Ÿ๐—ผ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜, ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐—๐—ฎ๐˜„๐—ฎ ๐—ง๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ต

Pada survei bulan September 2023, pemilih di Jawa Tengah yang memilih Prabowo-Gibran sebesar 11.4%. Survei di awal Februari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran di pemilih Jawa Tengah sebesar 48.6%.

Lompatan kenaikan di pemilih Jawa Tengah dari September 2023 ke Februari 2024 sebesar 37.2%.

๐Ÿฏ๐—˜. ๐—Ÿ๐—ผ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—น๐—ถ๐—บ๐—ฎ, ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—บ๐—ถ๐—ป๐—ผ๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€

Pada survei bulan September 2023, pemilih agama minoritas yang memilih Prabowo-Gibran sebesar 25%. Survei di awal Februari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran di pemilih agama minoritas sebesar 55.3%.

Lompatan kenaikan di agama minoritas dari September 2023 ke Februari 2024 sebesar 30.3%.

๐Ÿฏ๐—™. ๐—Ÿ๐—ผ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—บ, ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฝ๐˜‚๐—ฎ๐˜€ ๐—ธ๐—ถ๐—ป๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฒ๐˜€๐—ถ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป ๐—๐—ผ๐—ธ๐—ผ๐˜„๐—ถ

Pada survei bulan September 2023, pemilih yang puas kinerja Presiden Jokowi, memilih Prabowo-Gibran sebesar 40.5%. Survei di awal Februari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran di pemilih yang puas kinerja Presiden Jokowi sebesar 60.4%.

Lompatan kenaikan di pemilih yang puas kinerja Presiden Jokowi dari September 2023 ke Februari 2024 sebesar 20.1%.

๐Ÿฏ๐—š. ๐—Ÿ๐—ผ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐˜๐˜‚๐—ท๐˜‚๐—ต, ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐˜๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐˜ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐˜€๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฟ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐˜‚๐—บ

Pada survei bulan September 2023, pengenalan (popularitas) Gibran Rakabuming Raka sebesar 69.4%. Saat ini di awal Februari 2024, pengenalan Gibran mencapai 95.3%.

Lompatan kenaikan popularitas Gibran dari September 2023 ke Februari 2024 sebesar 25.9%.

-๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ-

๐๐š๐ ๐ข๐š๐ง ๐Ÿ’ : ๐“๐ข๐ ๐š ๐‡๐š๐ฅ ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐๐ข๐ฌ๐š ๐Œ๐ž๐ฆ๐›๐š๐ญ๐š๐ฅ๐ค๐š๐ง ๐’๐š๐ญ๐ฎ ๐๐ฎ๐ญ๐š๐ซ๐š๐ง

๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฎ : ๐—ง๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ถ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—š๐—ผ๐—น๐—ฝ๐˜‚๐˜ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ-๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—ฐ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฝ๐—ฟ๐—ผ๐—ฝ๐—ผ๐—ฟ๐˜€๐—ถ๐—ผ๐—ป๐—ฎ๐—น

Golput dimaknai sebagai pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya. Pada tahun 2004, tingkat golput sebesar 24.76%. Tahun 2009 golput naik menjadi 28.2%. Tahun 2014 golput naik kembali menjadi 30.4%. Tahun 2019 golput mengalami penurunan menjadi sebesar 18.03%.

Survei mengandaikan tingkat partisipasi 100% atau golput 0%, karena pemilih didatangi. Kenyataannya nanti pemilih yang harus datang ke TPS sehingga tingkat partisipasi 100% atau golput 0% sesuatu hal yang sulit tercapai.

Jika terjadi tingginya golput di pemilih Prabowo-Gibran secara tidak proporsional, maka dukungan yang diraih akan turun, sehingga tidak mencapai 50% lebih.

๐—ž๐—ฒ๐—ฑ๐˜‚๐—ฎ : ๐—•๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—น๐—ถ๐—ต๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต ๐˜€๐—ผ๐—ณ๐˜ ๐˜€๐˜‚๐—ฝ๐—ฝ๐—ผ๐—ฟ๐˜๐—ฒ๐—ฟ ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ-๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป

๐™Ž๐™ค๐™›๐™ฉ ๐™จ๐™ช๐™ฅ๐™ฅ๐™ค๐™ง๐™ฉ๐™š๐™ง (pemilih yang masih bisa berubah pilihannya) Prabowo-Gibran sebesar 5.6%. Jika pemilih ini total mengalihkan dukungannya maka dukungan yang diraih Prabowo-Gibran akan kurang dari 50% plus.

Saat ini elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 53.5%. sehingga jika dikurangi ๐˜ด๐˜ฐ๐˜ง๐˜ต ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฑ๐˜ฑ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ 5.6% tersisa sebesar 47.9%.

๐—ž๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ : ๐—๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ ๐˜€๐—ถ๐˜€๐—ฎ ๐˜„๐—ฎ๐—ธ๐˜๐˜‚ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฏ๐—น๐˜‚๐—ป๐—ฑ๐—ฒ๐—ฟ ๐—ณ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—น ๐—ฃ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฏ๐—ผ๐˜„๐—ผ-๐—š๐—ถ๐—ฏ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป

Jika terjadi blunder fatal, maka dukungan akan menurun. Tren positif yang selama ini diraih bisa berbalik arah menjadi negatif.

๐Š๐ž๐ฌ๐ข๐ฆ๐ฉ๐ฎ๐ฅ๐š๐ง:

Terdapat enam kesimpulan dari rilis kali ini:

๐—ฃ๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฎ, Semakin terbuka pemilu Presiden 2024 berakhir Satu Putaran Saja untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, karena sudah menembus dukungan 53%

๐—ž๐—ฒ๐—ฑ๐˜‚๐—ฎ, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul hampir di semua segmen masyarakat, kecuali di etnis Minang dan Betawi.

๐—ž๐—ฒ๐˜๐—ถ๐—ด๐—ฎ, Dukungan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meningkat di 7 area seperti: pemilih muda, wong cilik, pemilih minoritas, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat, hingga meningkatnya pengenalan/kesukaan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

๐—ž๐—ฒ๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐˜, tiga hal bisa membatalkan Satu Putaran: golput tidak proporsional di pemilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, beralihnya pemilih ๐˜ด๐˜ฐ๐˜ง๐˜ต ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฑ๐˜ฑ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ด, dan blunder yang fatal Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di sisa waktu

๐—ž๐—ฒ๐—น๐—ถ๐—บ๐—ฎ, karena masih ada pemilih yang belum menentukan pilihan, pemilih yang belum militan dan ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ณ๐˜จ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ณ karena sampel, LSI Denny JA membuat prediksi dalam bentuk interval

  • Prabowo- Gibran: 47.9% – 58.3%
  • Anies- Muhaimin: 18.9% – 26.5%
  • Ganjar- Mahfud: 16.8% – 24.0%

๐—ž๐—ฒ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—บ, dengan prediksi interval itu maka 30% kemungkinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang tapi ada putaran kedua, dan 70% kemungkinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang satu putaran saja.*

*Data dan analisa lebih lengkap dapat dilihat melalui linK:

https://drive.google.com/file/d/1dZcyuK25JS6X_dZAa46AjHU6LeQB2T9_/view?usp=drivesdk

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *