Warga Binaan Bersama Pegawai Lapas Dompu Rutin Sholat Berjama’ah

 30 total views

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Read More

Di bulan Suci Ramadhan, warga binaan Lapas Dompu Kanwil Kemenkumham NTB melaksanakan sholat jum’at secara berjamaah di mesjid At-taubah Lapas Dompu. Hal Ini merupakan ibadah yang menjadi suatu kewajiban untuk dilaksanakan bagi umat Muslim tak terkecuali warga binaan. Seperti yang tampak saat ini, Pegawai dan warga binaan melaksanakan sholat jum’at secara berjamaah.

Keterangan pers Kalapas Dompu bahwa Kegiatan keagamaan ini merupakan bagian pembinaan yang wajib diikuti oleh para warga binaan beragama Islam untuk membangun dan memperkuat hubungan dengan Tuhan, sehingga dapat menyadarkan untuk bertobat.

“Kita pun sadar bahwasanya setiap pribadi tidak luput dari kealpaan dan kesalahan, namun memilih untuk meninggalkan kebiasaan lama dan hidup sesuai perintah Agama adalah pilihan terbaik,” Terang Halik sapaan akrab Kalapas Dompu.

Kemudian ia pertegas lagi sebagai Insan Pengayoman adalah suatu kewajiban bagi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Dompu untuk dapat mengayomi serta membimbing para warga binaan untuk tidak mengulangi pelanggaran/perbuatan yang sama dan kembali menjadi pribadi yang sadar menyadari kesalahan yang pernah di lakukan sebelumnya untuk melakukan hal yang sama baik saat mereka menjalani masa pidana maupun saat sudah selesai menjalani masa pidana.

Lanjutnya, dengan melalui program pembinaan dan pembimbingan keagamaan ini lah diharapkan kedepan warga binaan semakin sadar akan penggilan dan tujuan hidupnya di muka bumi ini, terangnya.

Lebih jauh Kalapas Dompu mengungkapkan, “Kegiatan keagamaan ini kita lakukan adalah sebagai bentuk pembinaan dan pengayoman bagi warga binaan khususnya yang beragama Islam untuk menjalankan kewajiban Ibadah Sholat Jumat berjamaah. Karena dengan adanya kegiatan ini saya yakin para warga binaan dapat sadar dan merubah perilaku mereka menjadi lebih baik dalam kehidupan di tengah masyarakat,” tandasnya.

Kemudian di tempat terpisah, Kakanwil Kemenkumham NTB, Bapak Parlindungan mengungkapkan bahwa sholat adalah panggilan Allah SWT. Sebagai umat muslim wajib hukumnya melaksanakan perintah-Nya. Sholat sebagai bentuk ketaqwaan umat kepada Allah SWT, karena yang memberi nikmat kehidupan dimuka bumi adalah kuasa Sang Pencipta.

Kemudian Menkumham, Yasonna H. Laoly dalam sejumlah kesempatan menjelaskan, manusia hanyalah makhluk ciptaan yang dituntut untuk beribadah dan hanya tunduk kepada Tuhan. Meskipun demikian keseimbangan antara urusan duniawi dan akhirat juga merupakan hal penting, Pungkasnya. Jurnalis Rdw/ Dodo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *