Lapas Pati Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H

 33 total views

PATI – Jawa Tengah

Read More

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pati menggelar tradisi peringatan turunnya Al-Qur’an atau yang kerap disebut dengan Nuzulul Qur’an pada 17 Ramadhan 1445 H, yang bertujuan untuk memantapkan kecintaan warga binaan dan petugas terhadap Al-Qur’an, Kamis (28/03).

Peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan di Masjid At-Taubah Lapas Pati, diikuti oleh Petugas serta warga binaan Lapas Pati.

Kegiatan ini diawali dengan penampilan tim hadroh dari santri WBP Lapas Pati, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, sambutan dari Kasi Binadik dan dilanjutkan Tausyiah yang disampaikan oleh Dr. Saliyo, M.Si dari IAIN Kudus.

Dalam sambutanya Kasi Binadik Lapas Pati Eko Budhihartanto mengajak warga binaan untuk memaknai dan mengambil pelajaran dari peristiwa penting Nuzulul Qur’an ini.

“Mari kita kenang dan mengambil pelajaran dari peristiwa besar Nuzulul Qur’an ini,” ajak Eko Budhi Kepada Warga Binaan.

Usai Sambutan dari Kasi Binadik acara dilanjutkan dengan ceramah oleh Dr. Saliyo dari IAIN Kudus. Ia menyampaikan tentang peristiwa Nuzulul Qur’an yang merupakan awal mula kenabian Nabi Muhammad SAW dan menjadi penanda dimulainya penyebaran Islam. Lebih lanjut Ia becerita tentang Peristiwa Nuzulul Qur’an yang terjadi pada tanggal 17 Ramadhan, saat Nabi Muhammad SAW sedang menyendiri di gua Hira, dimana Malaikat Jibril datang dan menyampaikan wahyu pertama yang berisi ayat 1-5 dari surah Al Alaq.

Kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an di lapas Pati ini merupakan bagian dari program Pembinaan kerohanian bagi Warga Binaan. Selama bulan ramadhan warga biaan Lapas Pati melaksanakan kegiatan-kegiatan kerohanian diantaranya sholat tarawih berjamaah, tadarus dan pesantren ramadhan. Pembinaan kerohanian bertujuan untuk membantu narapidana mengembangkan kesejahteraan spiritual mereka agar dapat menemukan makna dan tujuan hidup yang lebih mendalam.

Sumber ; Humas Lapas IIB Pati

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *