Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pemerintah Bentuk Program GISLI.

 37 total views

TULUNGAGUNG | Pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan keselamatan para nelayan serta pengolah ikan di Tulungagung, Jawa Timur.

Read More

Gerakan Ingat Selamat Layar Indonesia (GISLI) merupakan organisasi yang berpusat di Jakarta dan berdedikasi untuk meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan para nelayan Indonesia melalui pendidikan, pelatihan, dan advokasi kebijakan.

Dalam pelatihan ini digelar di Semilir Resort Pantai Midodaren,Kecamatan Besuki Tulungagung yang berdedikasi untuk memperkuat ekosistem ekonomi maritim di Tulungagung serta mendukung komunitas pesisir.

Ketua Umum GISLI ,Irjen Pol (Purn) Mudji Waluyo mengatakan GISLI adalah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang menjunjung tinggi keselamatan. Untuk mewujudkan visi tersebut, misi GISLI mendukung program pemerintah dalam mempercepat terbentuknya ekosistem maritim Indonesia yang aman dan meningkatkan kesadaran keselamatan masyarakat Indonesia di wilayah perairan.
“GISLI yang baru dilahirkan bagaimana program pemerintah di bidang kelautan sebagai poros maritim dunia,katanya.Selasa (30/04/2024).

Muji melanjutkan nantinya akan melakukan pelatihan kepada nelayan agar mampu berkembang di bidang UMKM.

Selain itu GISLI juga mengawasi terhadap gangguan Kamtibmas di pesisir agar tidak terjadi gangguan gangguan lain seperti kapal asing yang masuk.

Sementara itu Anggota Dewan Pakar GISLI Brigjen Pol. Muhammad Rudy Syafirudin mengatakan program ini merupakan kepanjangan dari baharkam polri.

“saat ini GISLI sudah menerapkan keselamatan berlayar sehingga berkolaborasi dengan nelayan yang ada di laut,ucapnya.

Rudy menekankan kepada seluruh babinkamtibmas di wilayah perairan agar menginformasikan hal hal yang baik.

“Tolong bekerja sama dan menginformasikan hal hal yang baik jangan sampai terseret tindak pidana yang tidak baik,tegasnya.

Acara yang dihadiri oleh 60 nelayan dan 60 istri nelayan pasangan mereka ini dimulai dengan upacara resmi yang melibatkan anggota dari Sat Narkoba dan Polsek Besuki, menegaskan komitmen bersama terhadap keselamatan dan keamanan di sektor kelautan.(ard)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *