Pentingnya P3K, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/Kj Beri Pembekalan Kesehatan di SMP Negeri Loohali

  • Whatsapp

 122 total views,  1 views today

Belu.- ginewstvinvestigasi.co.id,- Personel Pos Mahen Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pembekalan tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Loohali yang berada di Desa Dualasi Kecamatan Lasiolat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Rabu (22/1/2020).

Read More

Inisiatif penyelenggaraan kegiatan tersebut berawal dari kejadian kecelakaan tunggal lalu lintas yang dialami oleh salah seorang pelajar yang terjatuh dari kendaraan roda dua, akibat luka yang dideritanya korban dibawa ke Pos Mahen guna mendapatkan tindakan medis awal atau penanganan pertama.

Sehingga Serka Andre Gunawan selaku Danpos Mahen melaksanakan koordinasi kepada pihak SMPN Loohali untuk mengadakan kegiatan pembekalan tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Guna memberikan pembekalan tentang pertolongan pertama kepada korban kecelakaan sebagai tindakan awal sebelum korban mendapatkan pertolongan lebih lanjut dari petugas kesehatan ataupun tim medis.

“Kami berfikir bahwa perlunya ilmu pengetahuan bagi setiap orang tentang pertolongan pertama pada korban kecelakaan, khususnya daerah-daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan, salah satunya daerah perbatasan,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

Selain melaksanakan tugas pokok berupa pengamanan wilayah perbatasan RI-RDTL, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ jugat turut serta dalam membantu wargaasyarakat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan tentang kesehatan sehingga diharapkan dapat mendukung setiap langkah program Pemerintah Pusat dan Daerah dibidang kesehatan.

“Kegiatan pembekalan ini merupakan tugas kami berupa Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) dengan koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan dan Instansi Pemerintah setempat,” paparnya.

“Kegiatan pembekalan P3K tersebut dipimpin langsung oleh Serka Andrie Gunawan selaku Komandan Pos Mahen bersama 4 orang personelnya dan diikuti oleh seluruh siswa-siswi dan tenaga pengajar di SMPN Loohali,” tegas Dansatgas.

“Diharapkan melalui kegiatan ini, personel kami yang berada di pos sepanjang garis perbatasan dapat menjalin tali silaturahmi yang erat bersama siswa-siswi SMPN Loohali selaku generasi penerus Bangsa, sehingga tercipta kemanunggalan yang kokoh antara TNI dan Pelajar,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

Ditempat yang sama, Bapak Simon (38) selaku Wakil Kepala Sekolah SMPN Loohali mengucapkan banyak terima kasih atas penyelenggaraan pembekalan P3K dan kepedulian yang telah diberikan oleh personel Pos Mahen Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada bapak TNI, khususnya Pos Mahen yang telah peduli untuk memberikan pembekalan dan pemahaman tentang P3K kepada kami anak didik kami,” tuturnya.

Sementara itu, Serka Andrie Gunawan selaku Danpos Mahen menyampaikan tanggapannya atas upaya Pos Mahen dalam memberikan ilmu kesehatan kepada siswa-siswi selaku generasi penerus Bangsa.

“Ilmu kesehatan sangat penting dimiliki oleh setiap siswa-siswi guna mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan bersifat mendesak, khususnya daerah kita yang berada di wilayah perbatasan,” ungkapnya.

“Kami selalu berupaya untuk dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif kepada setiap warga masyarakat, khususnya di sepanjang sektor timur perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tandasnya.(penremgapu) Rep : mansyur

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *