Pasola Wanokaka Berlangsung di Arena Kameradena Desa Wehura Kecamatan Wanokaka Sumba Barat

  • Whatsapp

 223 total views,  1 views today

Pasola Wanokaka Berlangsung Dua Menit Bubar

Read More

Sumba Barat, Ginews TV “Hari Senin 16 Maret tahun 2020, Pasola wanokaka berlangsung di Arena kameradena – desa Wehura Kecamatan Wanokaka, pada Pukul 09:35 WITA.

Permainan adu ketangkasan ini adalah warisan pendahulu untuk  masyarakat Sumba- dan juga merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun sekali di bulan Maret di Kecamatan -Wanokaka Kabupaten Sumba Barat yang berujung kecewa hari ini terhadap Penonton dari segala penjuru.

Pasola Wanokaka yang digelar pagi hingga siang sebenarnya,namun karena pasukan berkuda ini sepertinya tidak mengerti dengan budaya adu lempar kayu di atas kuda,akhirnya permainan dijeda karena tidak menampilkan permainan indah,serta tidak mampu menunjukan permainan seni budaya yang mendunia,tetapi berakhir saling lempar batu.Beruntung pihak keamanan dari TNI/Polri berada di lokasi pasola tersebut

Penonton dan pengunjung mengaku  tidak nyaman dan mengecewakan akibat kedua kubu pasukan berkuda yang saling menyerang dengan tombak kayu dan tidak beraturan,kedua kubu ini juga  gagal mempertontonkan seni adat dan seni budaya Pasola,yang dimana Pasola ini sangat unik dan jadi pusat perhatian dunia internasional sesungguhnya. 

Kedua pasukan berkuda, tidak mampu menampilkan permain Pasola yang yang Sesuai dengan koridor adat. Akhirnya dari pihak keamanan TNI/Polri menghentikan kegiatan, dan meminta pemain dan penonton meninggalkan arena pasola.

Menurut penonton,kami datang jauh luar Sumba untuk menonton adat Pasola yang  unik ini,karena kami tahu adat ini hanya menonton lewat yuotube aja,dan rasanya kepingin nonton secara langsung,karena selama itu sejak mengenal Pasola lewat media sosial aja,akhirnya tahun ini kami berusaha dan memilih menonton di tahun 2020.tidak beberapa menit kemudian permainanan ada Pasola bubar jalan,pokoknya kami menyesal menontonnya,”tandas penonton

Liputan:Soleman DD
 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *