LANGKAH TANGGAP CAMAT JONGGAT ANTISIPASI & PENCEGAHAN COVID-19

 726 total views

Globalinvestigasinews.com
Liputan: Mustain
Lokasi : Jonggat

Read More

LANGKAH TANGGAP CAMAT JONGGAT ANTISIPASI & PENCEGAHAN COVID-19

Jonggat, 28-03-2020 Dalam upaya merealisasikan Surat Edaran Bupati Loteng No.338/18/Humas Tentang Ikhtiar Pencegahan Penyebaran Covid-19 diwilayah Kab. Loteng. Dan dengan menindaklanjuti surat edaran Gubernur NTB No.360/170/BPBD/III/2020 tentang Kewaspadaan segenap komponen masyarakat NTB dalam penanganan penyebaran Covid-19, dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No.14 tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah covid-19, maka ditegaskan kepada segenap warga masyarakat untuk memperhatikan, melaksanakan serta mempedomani hal- hal sebagai berikut:

  1. Tidak mengadakan kegiatan yang menghadirkan dan menciptakan keramaian baik yang bersifat sosial keagamaan, hiburan, pagelaran adat dan budaya, kegiatan olah raga, seperti tassyakuran, nyongkolan, resepsi, peringatan hari besar keagamaan, car free day, dan kegiatan lainnya baik ditempat ibadah (musollah, masjid, gereja, pura, wihara dan klenteng) maupun tempat umum lainnya.
  2. Melaksanakan kegiatan ibadah solat ditempat tinggal atau dirumah masing masing, dan sholat Jumat diganti dengan sholat Zhuhur dirumah masing-masing.
  3. Untuk pasilitas ekonomi dan perdagangan tetap buka secara terbatas dengan menerapkan protokol pencegahan covid-19, serta warung makan agar melayani pembeli yang bersifat take away (dibawah pulang) jika tetap makan ditempat agar mengatur jarak minimal 1 meter serta menyediakan anti seftic atau tempat cuci tangan beserta sabunnya
  4. Bagi pengelolah tempat hiburan agar menghentikan segala bentuk kegiatan dan menutup tempat hiburan untuk sementara waktu
  5. Diharapakan kepada semua warga agar Melakukan pemantauan kepada warga yang baru datang dari daerah terpapar Covid-19 dan atau dari luar negeri untuk selanjutnya dibawah untuk melakukan pemeriksaan kepasilitas pelayanan kesehatan yang ada.
  6. Dan Menghubungi hotline service covid -19 Kab. Loteng melalui 119 atau 081 133 399 000 ketika ada indikasi Covid-19

M.Syukur SH selaku Camat Jonggat dengan tegas sudah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pemdes se Kec. Jonggat untuk melaksanakan instruksi dari Pemkab Loteng tersebut tanpa kecuali demi kesehatan dan keselamatan kita semua dan jangan ada yang main main pungkasnya!!!!

M.Syukur SH yang ditemui awak media di rumah dinasnya mengatakan bahwa besok pagi (29-03-2020) sesuai rencana tiem dari Kecamatan akan melakukan kegiatan penyemprotan disinfiktan di wilayah Pasar Puyung dan sekitarnya dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai Covid -19 sehingga dihimbau kepada seluruh warga masyarakat agar untuk sementara waktu tidak melakukan aktipitas perdagangan, jual beli di pasar punyung.

Dengan perlengkapan dan pasilitas seadanya Program penyemprotan disinfiktan ini akan terus dilakukan kedesa desa, kesarana dan prasarana pasilitas umum dan tempat tempat ibadah by sampai batas waktu yang tidak ditentukan dan dihimbau kepada seluruh warga masyarakat agar ikut serta berperan aktif mendukung program kegiatan Pemerintah dalam upaya pencegahan copid-19 diwilayah masing masing ungkapnya. (Mst)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *