Panglima GAM Asahan Bantu Sembako Untuk Etnis Rohingya

 426 total views

Panglima GAM Asahan Bantu Sembako Untuk Etnis Rohingya

Read More

Ginewsglobalinvestigasi.com Aceh Utara – Wakil ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Timur Muhammad atau lebih dikenal dengan sapaan Amat Leubeng Panglima GAM Asahan didampingi Panglima Daerah IV Wilayah Pase M Jhoni dan menyerahkan bantuan sembako kepada puluhan muslim Rohingya yang terdampar di Perairan Aceh Utara.

Kehadiran Amat Leumbeng disambut oleh sejumlah petugas. Bantuan sembako itu diserahkan langsung oleh Amat Leumbeng melalui petugas piket di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe, tepatnya di Desa Puenteut Kecamatan Blang Mangat disaksikan seluruh petugas terdiri dari TNI-Polri dan juga para relawan. Sabtu 27 Juni 2020.

“Bantuan sembako ini kita serahkan untuk puluhan muslim rohingya yang terdampar di perairan Aceh Utara yang saat ini telah ditempatkan di gedung bekas kantor Imigransi Lhokseumawe. Ujarnya

Amat Luembeng menambahkan, DPP partai Aceh Muzakir Manaf Alias Mualem memerintahkan saya untuk membantu alakadar santunan kepada etnis Rohingya yang Terdampar beberapa waktu lalu.

Santunan ini sebagai rasa kepedulian kita kepada etnis Rohingya yang dikhabarkan telah lama terkatung katung di laut” ujar Amat Leubeng kepada Sejumlah awak media

Politisi Partai Aceh (PA) ini juga berharap kepada Pemerintah Aceh untuk memberikan bantuan semaksimal mungkin kepada puluhan muslim rohingya, apalagi yang terlihat ini banyak anak anak dan orang tua, katanya

Ke 98 etnis Rohingya telah dilakukan tes kesehatan dan dalam pengawasan petugas, sebutnya

“Mereka juga saudara kita se agama, walau bukan warga negara kita. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada nelayan dan warga Lancok, Syamtalira Bayu yang telah memberikan pertolongan dan menyelamatkan mereka dari gelombang laut yang menerjang kapal yang mereka ditumpangi hingga rusak dan terdampar ke wilayah Aceh Utara” cetus Amat Lumbeng.

Sementara itu, Panglima Muda Daerah IV Wilayah Pasee M Jhoni yang turut mendampingi Amat Leubeng, mengapresiasi kinerja Panglima GAM Asahan.

“Alhamdulillah, rasa sosial dan kepedulian saudara kita Amat Leumbeng sebagai DPRK Aceh Timur menjadi contoh teladan bagi orang lain, walau pun ia (Amat Leubeng-red) sebagai DPRK Aceh Timur, namun ia mau membantu rohingya dengan dana pribadi, semoga hal itu menjadi amal baik bagi diri nya” kata Jhoni saat dimintai tanggapan nya.

Seperti diketahui, sebelum nya sejumlah masyarakat mengevakuasi puluhan etnis rohingya ke tepi pantai Lancok, setelah hampir sehari semalam mereka terkatung katung di laut lepas dekat perairan Aceh Utara.

Sebanyak 98 imigran asal Rohingya itu terdampar akibat kapal yang mereka tumpangi rusak yang akhirnya ditarik ke daratan oleh warga Lancok Syamtalira Bayu.

Penarikan dilakukan warga karena merasa peduli melihat kondisi imigran itu yang sebagian besar dari mereka adalah anak-anak dan perempuan.

Reporter : ZAS

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *