Antisipasi Terjadinya Kecelakaan Laut, Kapal Ferry Di Bajoe Diperiksa Polisi Sebelum Melakukan Pelayaran

 286 total views

Bone~Bajoe. Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan dilaut, aparat Kepolisian dari Satpolairud Polres Bone melakukan pemeriksaan kapal ferry di dermaga pelabuhan penyeberangan Bajoe Kecamatan Tanete Raiattang Timur Kabupaten Bone, Sabtu (05/03/2022) siang.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Kasubnit Lidik Satpolairud Polres Bone Aiptu Budi Mulyono bersama dengan Kanit Harkan Kapal Satpolairud Polres Bone Aipda Made Indra Jaya pada kapal motor penumpang (KMP) Raja Dilaut sebelum melakukan pelayaran.

Kepada awak media, Kasubnit Lidik Satpolairud Polres Bone mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk memastikan segala kelengkapan diatas kapal benar-benar lengkap dan layak pakai.

“Untuk memastikan kelengkapan dan kelayakannya, semua kelengkapan kami periksa baik itu alat bantu keselamatan, alat bantu navigasi maupun kelengkapan lainnya yang seharusnya berada diatas kapal,” jelas Budi.

Lanjut Budi, “Selama melakukan pemeriksaan, kru kapal bersifat koperatif dan dari hasil pemeriksaan kelengkapan diatas kapal dalam keadaan lengkap dan siap pakai sehingga penumpang akan lebih merasa aman saat dalam perjalanan,” tambahnya.

Terpisah, Kasat Polairud Polres Bone Akp A. Sukri Sulaiman kepada awak media mengatakan, selain melakukan pemeriksaan pihaknya juga memantau dan berpatroli disekitar areal pelabuhan dengan menyasar sejumlah moda transportasi air yang digunakan oleh masyarakat.

“Hal ini kami lakukan agar bisa mengurangi angka pelanggaran dan tindak pidana serta mencegah resiko kecelakaan di perairan, selain itu juga untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang saat menggunakan jasa angkutan air,” kata A. Sukri Sulaiman.

Dirinya juga berpesan kepada kru kapal untuk memperhatikan muatan agar tidak memuat melebihi kapasitas dan kepada penumpang agar tetap disiplin menerapkan protokol kesahatan Covid-19. Tutup Kasat.

(A.Risal/Gin)*

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *