“PETANI MENDATANGI PEMBANGUNAN BENDUNGAN BERINGIN SILA MENUNTUT AGAR AIR IRIGASI DARI BENDUNGAN TIDAK DITUTUP ?!”

 315 total views

Sumbawa Besar NTB.
Senin 27/6/2022 sekitar pukul 08.30 wita kurang lebih 80 orang petani dan pengurus P3A kecamatan Utan kabupaten Sumbawa NTB mendatangi lokasi pembangunan bendungan beringin sila untuk menuntut Perusahaan pelaksana mega proyek yaitu PT Brantas abipraya.agar saluran irigasi dari bendungan beringin sila untuk sementara dapat di buka kembali Saluran induk yang di tutup sebelum nya mengingat kondisi tanaman pada saat ini sangat membutuhkan air.

Read More

Sudarto perwakilan PT berantas abipraya menerima perwakilan petani dan langsung melakukan pertemuan. Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain adalah perwakilan dari PT brantas bapak Sudarto dan Nisar, sedangkan perwakilan dari petani adalah syamsudin ketua petani kecamatan utan, H dahlan (P3a), sidik (P3a), patorang P3a)

Dalam pertemuan tersebut perwakilan dari PT brantas bapak Sudarto menjelaskan bahwa sekitar satu minggu yang lalu, saluran irigasi yang d gunakan untuk pengairan petani telah di tutup untuk kepentingan pembangunan saluran irigasi induk sekitar 600 meter dari bendungan dan sudah di siapkan 5 mesin penyedot air untuk pengairan di luar saluran irigasi dan penutupan saluran induk tersebut berdasarkan kesepakatan bersama dengan kepala Upt pengairan kecamatan utan bapak sulaiman,ketua P3a kecamatan utan pada pertemuan tanggal 25l6/2022. Yang lalu. Kata Sudarto.

Namu dari pihak petani tetap berharap agar saluran tersebut dapat di buka kembali dengan alasan karena debit air yang sangat kurang dan tidak mencukupi untuk kebutuhan semua petani dan berbagai alasan yang masuk di akal. Sehingga pada kesempatan itu serta dengan pertimbangan perwakilan dari PT brantas abipraya akhirnya Menyepakati permintaan dari perwakilan petani.

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam melahirkan beberapa kesepakatan antara Lain adalah. PT brantas abipraya, sementara akan menghentikan pembangunan saluran irigasi induk sepanjang 600 meter yang telah di kerjakan 100 meter untuk kepentingan petani. Dan akan membuka kembali saluran irigasi induk selama air di butuhkan oleh petani dalam mengairi tanaman selama 7 hari mendatang. Serta PT brantas akan menambah jumlah mesin penyedot air untuk memenuhi kebutuhan air dan apabila sudah tercukupi maka saluran irigasi akan di tutup kembali dan akan memaksimalkan mesin penyedot airnya.

Setelah terjadinya kesepakatan antara pihak PT brantas abipraya dengan perwakilan petani, dan akhirnya perwakilan petani pun meninggalkan ruangan dan pulang kerumahnya masing-masing bersama semua petani lainnya. (Aa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *