TNI/POLRI Dalam Merawat Kebhinekaan serta Menjaga Keutuhan NKRI

 176 total views

Rumusan semangat, pemikiran, perjuangan, dan pengorbanan untuk membangun negara dan bangsa yang utuh, akhirnya diterima dan disahkan sebagai dasar negara, ideologi, falsafah bangsa Pancasila pada tanggal 18 Agustus 1945.

Read More

Pancasila yang digali dari akar budaya dan nilai-nilai luhur bangsa mencakup kebutuhan dasar dan hak-hak azasi manusia secara universal, sehingga dapat dijadikan landasan dan falsafah hidup serta menjadi tuntunan perilaku seluruh warga negara dalam mewujudkan tujuan nasional.

Ideologi Pancasila sudah final dan tidak bisa diganggu gugat dan digantikan dengan ideologi lainnya.

TNI dan Polri sangat besar dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Salah satunya, melindungi Pancasila dari gempuran ideologi luar.

“Saudara-saudara harus terus melindungi pancasila dari gempuran ideologi dari luar, harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi terhadap perbedaan antar anak bangsa, harus terus menjaga persatuan dalam keragaman Indonesia,

Salah satu modal penting dalam mewujudkan Indonesia yang damai, maju dan modern, serta anti radikalisme adalah adanya persatuan dan kesatuan bangsa.

Tentunya masih ada pihak yang menyatakan bahwa pembinaan persatuan dan kesatuan Indonesia sudah tidak diperlukan lagi karena seolah-olah hanya dalih untuk membatasi ruang gerak masyarakat sejak masuk Era Reformasi dan demokrasi.

Menurut jurnalis media beritaistana.id ekosusianto dan jugak anggota Reclasseering Indonesia (RI) mereka, persatuan dan kesatuan bangsa akan lestari dengan sendirinya.

Oleh karena itu, kita tidak boleh lengah dan merasa bahwa persatuan Indonesia itu take it for granted yang selalu utuh dan lestari tanpa upaya pembinaan, kita semua harus memiliki persepsi yang sama bahwa persatuan dan kesatuan bangsaharus tetap dibina,”

Dengan Semangat Bhineka Tungal Ika Kita Cegah Radikalisme Guna Memperkokoh Ideologi Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Berbangsa.

PresidenJokoWidodoRI

ReclasseeringIndonesia

StaffKepresidenan

Komisiperlindungananak(KPAI)

KejaksaanAgungRI

KemenkeuRI

KemenkopolhukamRI

KemenhanRI

PanglimaTNIAndikaPerkasa

KapolriListyoSigitPrabowo

BadanSiberSandiNegaraRI

KompolnasRI

KomnashamRI

KPK

OmbudsmanRI

SurveiPenilaianIntegritas (SPI)

IrjenPolToniHarmanto

AKBPPutuKholis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *