Tingkatkan Pasokan Air Baku dan Irigasi di Jawa Tengah, Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Jragung Rampung Tahun Depan

 139 total views

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI terus mempercepat penyelesaian pembangunan 61 bendungan hingga tahun 2024 untuk menambah pasokan air baku dan irigasi lahan pertanian di seluruh Indonesia. Salah satu di antaranya yakni Bendungan Jragung di Kab Semarang, Jawa Tengah.

Read More

Bendungan yang ditargetkan rampung pada tahun 2024 ini diproyeksikan memiliki kapasitas tampung 90 juta m3 dan akan bermanfaat sebagai sumber air baku bagi Kota Semarang, Kab Grobogan dan Kab Demak.

Selain itu Bendungan Jragung akan menyuplai air bagi 4.528 hektare daerah irigasi di Kab Semarang, mengurangi risiko banjir sebesar 45%, berpotensi sebagai PLTMH berkapasitas 1.400 KW, serta menjadi destinasi wisata air dan agrowisata.

Di dekat akses jalan masuk bendungan juga akan dibuat spot botanical garden. Komunitas/warga sekitar akan dilibatkan untuk penanaman pohon buah di area hijau bendungan sehingga warga mendapatkan manfaat lain dari keberadaan Bendungan Jragung.

SigapMembangunNegeri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *