Atraksi Budaya Nias Tampil Dalam Ibadah Perayaan Natal dan Syukuran Tahun Baru Masyarakat Nias Wilayah Banyumas Raya Yang Tergabung Dalam Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb (IKN-B) se-Wilayah Banyumas Raya

 261 total views

Globalinvestigasinews.com Banyumas (28/01/2023),- Masyarakat Nias se wilayah Banyumas Raya yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb (IKN-B) yang meliputi wilayah Barlingmascakeb yakni Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen, melaksanakan Perayaan Natal 2022 dan Syukuran Tahun Baru 2023 yang terlaksana pada hari sabtu tanggal 28 Januari 2023.

Read More

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Diklat Baturraden Kabupaten Banyumas, Yasozisokhi Zebua, SH, MH Sekretaris Panitia kegiatan selaku humas menjelaskan bahwa acara kegiatan ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan oleh Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb (IKN-B) setiap tahunnya, kegiatan tahun sebelumnya juga dilaksanakan di Banyumas, sering terlaksana di Banyumas karena merupakan sentral wilayah Barlingmascakeb.

Yasozisokhi Zebua yang juga mantan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banjarnegara ini lebih lanjut menjelaskan bahwa kegiatan Perayaan Natal dan Syukuran Tahun Baru Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb (IKN-B) kali ini termasuk paling ramai dan meriah dari sebelum sebelumnya. Pada acara turut hadir dan memberi sambutan dari Tokoh Banyumas drg. Andrias Kartikosari yang merupakan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Banyumas yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan.

Serta Tokoh Masyarakat Nias Jawa Tengah Etika Halawa, SE selaku Ketua Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Propinsi Jawa Tengah yang juga selaku Ketua DPD PIKI (Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia) Propinsi Jawa Tengah, Penasehat IKN-B Sanubari Hia dan Lius M. Sarumaha, S.Pd serta Ketua IKN-B sekaligus Ketua Panitia Peltu (Purn) Fatofa Hia purnawirawan TNI yang terakhir bertugas pada Kodim 0704/Banjarnegara juga turut memberikan sambutan.

Perayaan Natal dan Syukuran Tahun Baru IKN-B dengan mengangkat tema “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” diawali ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Yosua Zendrato, S.Th dari Gereja Pantekosta Isa Almasih (GPIA) Penuai Cilacap, selanjutnya menampilkan vocal grup wanita IKN-B dan vokal anak anak IKN-B oleh Aurora Zebua & Alvaro Zebua, kemudian dimeriahkan perlombaan paduan suara antar Mahasiswa Nias pada Sekolah Tinggi Theologia se – Banyumas, yang pada perlombaan Juara I diraih Mahasiswa/i Nias pada STT Diakonos, Juara II diraih Mahasiswa/i Nias pada STT Soteria dan Juara III diraih Mahasiswa/i Nias pada STTII atau Sekolah Tinggi Theologia Injili Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Mahasiswa / mahasiswi Nias dari STT memeriahkan dengan menampilkan atraksi lompat batu serta tarian Nias serta penampilan alat musik tradisional nias antara lain gondra (menyerupai bedug), aramba (gong) dan faritia (menyerupai talempong atau gamelan), kemudian dilanjutkan penyerahan (famaolago) simbri yang merupakan adat budaya Nias dalam memberi penghargaan kepada tamu yang hadir dalam hal ini dipandu oleh Sekretaris Panitia Yasozisokhi Zebua dan acara ditutup Tari Maena bersama yang merupakan tarian massal khas Nias. (Budi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *