Cegah Praktek Perdagangan Manusia, Kasat Binmas Edukasi Masyarakat Tukang Ojek

 91 total views

Globalinvestigasinews.com.Dompu, NTB.

Read More

Sebagai Bentuk upaya pencegahan timbulnya praktek ‘Perdagangan Manusia’ (Baca: Human Trafficking) di wilayah NTB, khusus di Kabupaten Dompu, Polres Dompu melalui Kasat Binmas, Iptu Makrus, S.Sos bertatap muka dengan masyarakat khususnya tukang ojek, Kamis (22/6/2023) sekira pukul 09.30 waktu setempat.

Sasaran kali ini yakni sejumlah Tukang Ojek yang beroperasi di Lingkungan Salama, Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, di mana Kasat berikan edukasi, ‘suluh’ sekaligus mengajak warga agar membantu Kepolisian menjaga Kamtibmas terlebih jelang pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

Pada kesempatan yang sama Tak hanya berkaitan Tindak pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang disinggung olehnya, lebih jauh ia juga mengingatkan agar warga tak ikut-ikutan pada aktifitas pemblokiran jalan dan aktivitas lain yang melanggar kepentingan publik.

“Dihimbau kepada masyarakat khususnya komunitas ojek Kelurahan Bada agar selalu membantu tugas-tugas Polri dala menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” pinta Kasat Binmas.

Terlebih, lanjutnya, akhir-akhir ini tengah marak praktek perdagangan manusia di mana para oknum pelaku praktek perdagangan orang ini diduga menggunakan sistem sel yang terputus-putus di satu daerah ke daerah lain.

“Diminta kepada teman-teman ojek agar memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat apabila mendengar adanya masyarakat yang mau pergi ke luar Negeri,” harap Kasat.

Dijelaskannya, bahwa kepada masyarakat kominitas ojek dan keluarga agar tidak menjadi Tenaga Migran Indonesia/PMI dengan cara ilegal karena banyak terjadi penipuan yang di lakukan oleh cukong-cukong dengan sasaran perdagangan orang.

Kasat juga menghimbau, apabila ada permasalahan di ingatkan agar warga jangan melakukan pemblokiran jalan, sebab itu dapat dan tentu akan merugikan orang lain.

Kasat menambahkan utamanya menjelang tahapan pemilu legislatif dan pemilu Presiden dan wakil presiden tahun 2024 agar masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kegiatan berakhir pukul 10.00 wita berjalan dengan aman dan tertib,” pungkas Kasat saat dikonfirmasi, pungkasnya. Jurnalis, Rdw/ddo.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *