Para Guru SDN 3 Baktirasa Gelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fasilitasi Potensi Para Siswa.

 104 total views

Global investasi news.com
Baktirasa Sragi Lampung Selatan
menyelenggarakan serial Webinar Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar (IKM PMM) pada hari Sabtu(27/01/2024).

Read More

Webinar kali ini mengangkat tema “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan
tema kearifan lokal sub tema budayaku kekayaanku” sebagai upaya untuk memberikan informasi dan pemahaman mengenai pentingnya Profil Pelajar Pancasila dalam implementasi Kurikulum Merdeka di lingkungan satuan pendidikan.

Dengan menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, pendidik diharapkan dapat menemani proses pembelajaran peserta didik agar mereka dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang dijabarkan dalam Profil Pelajar Pancasila, yakni 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.

Yuli kepala sekolah SDN 3 baktirasa.mengatakan untuk tema kearifan lokal sub tema budayaku kekayaanku yang mengangkat topik kue dan minuman tradisional yang ada di berbagai daerah di seluruh nusantara.

“Seiring dengan perkembangan zaman tidak dapat dipungkiri bahwa generasi Z saat ini sudah tidak tertarik terhadap kue dan minuman tradisional. Sehingga dengan adanya P5 yang menggambil tema kearifan lokal ini dapat memperkenalkan kembali kue dan minuman tradisional yang ada di sekitar.

“siswa/siswi, sehingga akan lebih menghargai budaya daerah dan diharapkan nantinya akan tetap dapat mengembangkan dan mencintai kue dan minuman tradisional sehingga akan tetap lestari.ucapnya

Dengan begitu, pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Dalam memberikan arahan mengenai pentingnya peran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi

“YULI SUHARYANTO .S.Pd kepsek mengatakan Jangan pernah takut salah, karena salah adalah guru terbaik dalam pembelajaran. Tetap semangat dalam melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila!,” ungkapnya memberikan dorongan untuk para peserta didik.

Setelah penyampaian substansi, kegiatan dilanjutkan dengan penyampai kan cerita praktik baik dalam pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka oleh kepsek SDN 3 baktirasa.YULI SUHARYANTO .S. Pd

Lanjut Yuli.menyampaikan praktik baiknya bahwa dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tidak perlu terlalu berfokus pada produk yang dihasilkan. Berdasarkan pengalamannya, ia mengajak para guru agar pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila lebih berfokus untuk memusatkan perhatian agar potensi anak bisa terfasilitasi dengan baik.

“Bapak dan ibu guru tidak perlu bingung dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Lakukan yang terbaik saja. Karena guru yang bijaksana adalah guru yang selalu pengertian kepada murid-muridnya. Dan tidak membiarkan murid merasa kesepian,” ungkapnya.
(Didi-global)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *