Guna Mewujudkan Kabupaten Kota Sehat 2024, Forum KKS Kab. Tanjab Timur Menggelar Diskusi Publik Bersama

 117 total views

Jambi-GlobalInvestigasinews.com 2024/02/03
Guna mewujudkan Kabupaten/Kota sehat di 2024. (Forum KKS) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, mengelar Diskusi publik, sekaligus melakukan pemilihan pengurus Komunitas Profesi dan Asosiasi Kesehatan (KOMPAK), gelar diskusi ini diikuti 227 peserta dari ribuan anggota Profesi kesehatan (Forum KKS), dari 11 kecamatan dan 17 Puskesmas Se-Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Read More

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rose Cafe n Resto kota Jambi pada hari sabtu (03/02/24), dihadiri. Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Hj Wirdayanti Romi, didampingi Kepala Dinas Kesehatan. Hj Ernawati. Direktur RSUD Nurdin Hamzah dr. Nasrul Felani dan Ketua APKESMI Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Gelar diskusi ini dibuka Ketua KKS Tanjung Jabung Timur Hj Wirdayanti Romi. Dalam sambutannya, Ketua KKS kabupaten Tanjab Timur, Hj Wirdayanti Romi, mengatakan, dalam rangka persiapan penilaian kabupaten kota sehat, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, telah beberapa kali melakukan coaching, dikarenakan beberapa indikator yang mengalami perubahan dan penambahan tatanan.

“Inilah salah satu ke khawatiran bersama, jangan sampai apa yang dilakukan tidak sesuai
dengan indikator yang diharapkan,” kata Wirdayanti.

“Oleh karena itu, besar harapan pada kegiatan Diskusi Publik yang bertepatan dengan pemilihan koordinator Komunitas Kesehatan dan Asosiasi Kesehatan (KOMPAK) Kabupaten
Tanjab Timur, dapat bersama mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat,” ungkap Wirdayanti.

Hj Wirdayanti Romi berharap apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, dapat dicermati dengan seksama, sehingga kekurangan yang dimiliki segera dibenahi secara bersama-sama.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Hj. Ernawati dalam
pemaparannya mengatakan bahwa, terdapat 4 indikator yang perlu diperhatikan antara lain;

  1. Bersih, bebas dari sampah, limbah, pencemaran, vektor dan binatang pembawa penyakit.
  2. Nyaman: terpenuhi kebutuhan dasar dan layanan dasar masyarakat.
  3. Aman; tertip serta kriminalitas dan kekerasan rendah.
  4. Sehat, sesuai standar baku mutu dan persyaratan kesehatan.
    “Inilah yang harus diperhatikan disetiap indikator untuk melihat tupoksi masing-masing dalam
    melakukan pencapaian kabupaten kota sehat yang ada di Tanjung Jabung Timur,” kata Ernawati.

Menurut kepala Dinas Hj Ernawati, dengan terbentuknya. Komunitas Profesi dan Asosiasi Kesehatan (KOMPAK). Kabupaten Tanjung Jabung Timur, pada hari ini akan menjadi mitra pemerintah pada kabupaten/kota terkait
KKS dalam memperkuat manajemen dan pedoman, serta dengan diperkuatnya kemitraan melalui KOMPAK dalam pelaksanaan program dengan forum KKS.

“Selamat Kepada dr. M. Robbi S. Sp.B sebagai Koordinator KOMPAK dengan kemitraan yang
sesuai dengan tatanan yang menjadi tanggung jawab masing-masing kiranya dapat mendorong tumbuhnya Kabupaten Kota sehat di Tanjung Jabung Timur,” harapnya.(T111).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *