Media dan LSM Harus Berperan Aktif Mengawal dan Mengawasi Pemilu 14 Februari 2024

 83 total views

Papua|globalinvestigasinews.com Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Wadah Generasi Anak Bangsa, yang diketuai Yerri Basri Mak, SH, yang mana namanya tidak asing lagi dipendengaran kita pada hari Senin (12/02/2024) kepada media global mengatakan, betapa pentingnya peran serta Media, LSM dan juga Ormas dalam menyukseskan Pemilu 2024/2029.

Read More

Dikatakan Yerri Basri, Media, LSM dan Ormas harus pro aktif mengawal dan ikut mengawasi seluruh proses kegiatan pemilihan yang tinggal sehari lagi.” Saya ajak rekan-rekan Media, LSM dan seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada diseluruh kabupaten dan kota diseluruh tanah air ini untuk tidak pasif, melainkan dapat terlibat aktif memastikan agar pada tanggal 14 Februari 2024 seluruh hasil pemungutan suara adalah murni, bukan hasil manipulasi ataupun rekayasa,” imbuhnya.

Dirinya mengingatkan, keterlibatan organisasi masyarakat dan media sangat dibutuhkan dalam proses penyelenggaraan Pemilu demi memperketat pengawasan, baik dilingkungan tempat tinggal maupun dilokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Meskipun ada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan panitia yang dibentuknya (Panwaslu), tetapi partisipasi aktif Media dan LSM juga Organisasi Masyarakat harus nyata guna mendukung kerja KPU dalam menyukseskan Pemilihan Umum 2024.

” Partisipasi rekan-rekan Media bersama dengan LSM dan Ormas juga masyarakat sangat diperluhkan. Ini hal yang tidak digaungkan dan mungkin diabaikan oleh KPU karena ada panitia yang dibentuknya lama, tetapi kesadaran diri kita dan rasa cinta akan bangsa dan negara maka sudah sepatutnya kita terlibat memberikan perhatian dan dukungan kita untuk memastikan bahwa Pemilu kali ini benar-benar bersih dan bebas dari aroma kecurangan,” ucapnya.

Ia menambahkan dan ikut menyayangkan, sebab Media, LSM dan Ormas yang adalah sebagai fungsi kontrol jahu hari sebelumnya tidak ada komunikasi dan kordinasi, baik dari pihak Penyelenggara Pemilu (KPU) maupun dari pihak pemerintah, dalam hal ini Kesbangpol. Namun sebagai LSM yang tidak pernah berhenti peduli akan pembangunan, ia Yerri mengharapkan dukungan dan kerja keras sesama rekan Ormas dan LSM juga kepada rekan-rekan Kuli tinta dimanapun berada, agar bersama ikut mengawal seluruh proses pemilihan dari awal sampai finalnya nanti.

” Kepada semua rekan seperjuangan, Mari kita bergandengan tangan memikul tanggungjawab ini. Kita membantu Pemerintah dan pihak Penyelenggara Pemilu untuk bersama mengawasi setiap gerak gerik yang mencurigakan dan apabila ada terlihat kita harus dapat memastikannya sambil mengambil bukti bukti dan segera memberikan laporan kepada pihak yang dipercayakan, tanpa terlibat dalam komunikasi yang mengarah pada kepentingan saku, agar pribadi kita dan reputasi kita tidak tercoreng oleh karena mau memenangkan figur calon tertentu,” harapnya.

Yerri juga berpesan kepada para Capres dan Caleg agar dalam kompetisi ini tidak termotivasi karena ego dan jabatan, melainkan karena suara panggilan ibu pertiwi untuk membawa Indonesia yang lebih baik, makmur dan sejahtera. Untuk keluar dari kemiskinan, kemelaratan dan putus asa, serta untuk memberikan kepastian dan harapan hidup yang jahu lebih baik lagi. (Nando)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *