Parade Pegon 2024 dan Rancang Pendestrian Pantai Watu Ulo

 36 total views

Jember-Globalinvestigasinews.com~Masyarakat Jember, khususnya warga Kecamatan Ambulu dan sekitarnya tumplek blek di Pesisir Pantai Watu Ulo. Bersama dengan Bupati Jember Ir. H.Hendy Siswanto, ST, IPU,, ASEAN Eng.,, dan Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember, Masyarakat menikmati perayaan Parade Pegon 2024.Minggu (21/4/2024).

Read More

Pegon merupakan transportasi barang tradisional yang nyaris tergerus modernisasi.Sejarah adanya Festival Pegon berangkat dari tradisi yang digelar pada 1989,tepatnya,” digelar pada hari ketujuh Hari Raya Idul Fitri atau pada saat Ketupatan.

Pada saat itu orang-orang menaiki Pegon berjalan berarak-arakan menuju pantai. Sambil lalu menikmati pantai dengan memakan berbagai hidangan ketupat. Festifal ini hanya bisa dinikmati setahu sekali.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Babang Rudyanto menjelaskan bahwa Parade Pegon merupakan Budaya yang dilakukan dari tahu ke tahun lintas generasi. “Hari ini ada sebanyak 42 Pegon yang menempuh perjalanan mulai Balai Desa Sumberejo hingga Pantai Watu Ulo,” ujarnya.

Lanjut,” Dia juga menyampaikan bahwa Parade Pegon akan diusulkan ke Kemenparekraf dan Kemendikbudristek sebagai karisma Event Nusantara dan Warisan Budaya Tak Benda.” setelah acara ini, kami akan melaksanakan clean up beach.Terimakasih kepada seluruh pihak yang bekerja sama menyukseskan acara ini,” Terangnya.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto menerangkan bahwa parade pegon 2024 merupakan puncak peringatan Hari Raya Idul Fitri. “Kita saksikan bersama, Jember memiliki potensi yang luar biasa dan dimunculkan dalam parade pegon ini,” tuturnya.

Pada kesempatan kali ini,” Bupati mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang hadir dan menyukseskan pagelaran Parade Pegon 2024. “Kita bukan berjemur, kita sama-sama menikmati kehangatan Tuhan melalui sinar matahari,” candanya.

Lanjut,” Bupati juga mengucapkan permintaan maaf. “Minal aidzin Walfaidzin, Mohon maaf lahir dan batin. Mohon maaf,”selama saya menjabat masih banyak kekurangan dan masih sedikit manfaatnya.untuk itu,ke depan bakal kami maksimalkan pekerjaan kami untuk menyesejahterakan warga Jember,”” ucapnya.

Lebih dari itu, Bupati Hendy Siswanto berencana membangun pendestarian sepanjang 1,2 kilometers di Pantai Watu Ulo. Dengan begitu, dapat dimanfaatkan wisatawan untuk menikmati keindahan pantai,” Terangnya.(Smt/Hd)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *