“Aktivitas PETI Kambuh Lagi di Desa Pulau Baru Batang Mesumai – Jambi ?!”

 130 total views

       Ketika awak media GINEWS tiba di lokasi Pertambangan Emas Tanpa Izin ( PETI ) yang berada di  desa pulau baru kec. Batang mesumai Merangin Jambi. banyak di temukan alat berat excavator dan dompeng berada di lokasi tersebut.

       Walau sudah berulangkali di razia tetap saja para pemain PETI melakukan aktivitasnya kembali. Di minta kepada APH menindak tegas kepada pelaku penambang liar tersebut.

         Sebab ini sangat merugikan masyarakat dalam jangka waktu panjang. Lokasi yang terlantar tersebut menyisakan kawah-kawah yang dalam dan lebar. Serta gundukkan tanah berbatu yang mengunung. Lokasi rusak berat itu mencapai berhektar-hektar, hinga terbaca di satelit. 

 .       Hal itu di perparah karena mendekati daerah aliran sungai ( DAS ) menyebabkan pengikisan tebing serta pendakaln sungai. Air limbah bercampur tanah mencemari hilir sungai  Warna sungai yang menguning bisa terbaca di satelit dengan jelas.

          Bagian hulu sungai yang sudah tercemar ini, banyak melalui desa- desa di sepanjang jalur sungai, Sungai yang tercemar inilah yang mengalir di pipa ledeng yang mengiliri untuk kebutuhan masyarakat Merangin.

          Ini emergency untuk lingkungan hidup, karena pencemaran ini sudah terbilang berat. Juga perhatian untuk dinas perikanan karena merusak sumber hayati masyarakat. Ikan-ikan sangat susah hidup di air tercemar .

           Ini sangat ironis mengingat kita ini paru- paru dunia. Butuh tekad yang kuat, kebersamaan secara bersikenambungan mengingat tambang ini selalu kambuh aktivitasnya...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *