PASIOPS KODIM 0427/WK HADIRI UPACARA BULANAN DAN APEL SIAGA BENCANA

  • Whatsapp

 220 total views,  1 views today

Penulis : Rahman Kabiro Kabupaten Way Kanan

Read More

Globalinvestigasinews.com ■ Waykanan Lampung – Pasiops Kodim 0427/Way Kanan Kapten Inf Suwito yang mewakili Dandim 0427/Way Kanan menghadiri kegiatan Upacara Bulanan dan Apel Siaga Bencana Tahun 2020 di Lapangan Korpri Pemkab Way Kanan pada Jum’at (17/01/2020). Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Asisten I Setda Kab. Way Kanan dan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Way Kanan, Kepala BPBD Kab. Way Kanan dan para pejabat Pemkab Way Kanan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Way Kanan yang dibacakan Inspektur Upacara mengatakan bahwa dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, yang diikuti dengan Peraturan-peraturan Pemerintah yang berkaitan dengan penanggulangan bencana, hal ini memberikan makna kepada kita yang bertugas di lingkungan Organisasi Formal Bidang Kebencanaan untuk terus mengemban mandat yang harus kita emban sesuai dengan ruang lingkup kerja, serta menjadi dasar operasional kita dalam melaksanakan Tupoksi kebencanaan sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Pada kesempatan ini ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama yaitu penanganan penyelenggaraan penanggulangan bencana, diarahkan dengan menitikberatkan pada pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana melalui program pengurangan resiko bencana (PRB),
Orientasi serta pemahaman siklus bencana merupakan satu kesatuan penanganan penanggulangan bencana, dan tidak ada satu siklus yang terputus akan tetapi merupakan suatu tinjauan yang holistik dalam penanggulangan bencana, sehingga dalam pelaksanaannya di tingkat lapangan dapat mengalir sebagai satu kesatuan sistem yang saling berkesinambungan dan bersinergi.

Selesai apel siaga dilakukan pengecekan kesiapan personel dan materiil perlengkapan Search And Rescue (SAR), pengecekan ini dilakukan guna mengetahui bagaimana kondisi perlengkapan dan begitu pula untuk semua anggota yang terlibat dipastikan dalam kondisi siap dan siaga dalam melakukan pertolongan.(Rahman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *