Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Siswa Siswi SMA dan SMK SMA Negeri 1 Kasui

 429 total views

WAYKANAN LAMPUNG, Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Siswa-siswi SMA dan SMK & SMA Negeri 1 kasui, 27 februari 2020 Sambutan tertulis Bupati Raden Adipati Surya Kecelakaan lalu lintas tak pernah mengenal jenis kelamin, strata sosial, ekonomi, bahkan hukum dan politik. Siapa pun bisa menjadi pelaku dan korban kecelakaan. Oleh karena itu, saya mengingatkan kepada hadirin agar kita lebih taat pada peraturan lalu lintas.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Perhubungan ini bertujuan untuk mendorong kita menjadi pelopor, dalam artinya santun di jalan raya, menggunakan peralatan keselamatan dalam berkendara dan membantu menyampaikan kepada saudara-saudara kita untuk berlalu lintas dengan baik.
Sebagian dari pemakai jalan sering mengangkat telpon pada saat berkendaraan. Tentu tidakan demikian akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Pengendara juga terkadang ugalan-ugalan dan melanggar lalu lintas.
Ada tiga permasalahan lalu lintas yang besar diantaranya: kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Hal itu disebabkan oleh pertumbuhan kendaraan yang tiap tahun meningkat dan tidak diimbangi dengan ketersediaan jalan yang mencukupi bagi kelancaran transportasi.
Tetapi hal penting yang menjadi penyebabnya adalah manusia terutama pada sikap dan etika berlalulintas yang masih tergolong rendah seperti tidak patuh aturan lalu lintas, ego yang tinggi dan sama-sama tidak mau mengalah di antara pengguna lalu lintas. Maka perlu disosialisasikan mengenai etika berlalulintas di jalan raya yang baik.
Bapak, ibu, anak-anakku yang saya hormati,
Sesuai dengan UU Lalu Lintas No. 22 tahun 2009 mengenai Etika Berlalulintas yang isinya antara lain: Pertama, setiap pengguna jalan wajib berperilaku tertib. Kedua, setiap pengguna jalan wajib mencegah adanya gangguan keamanan, ketertiban dan kenyamanan berlalulintas, dan Ketiga, Pengemudi wajib mematuhi rambu-rambu lalu lintas, marka jalan dan APIL (alat pemberi isyarat lalulintas).
Untuk itu Pengemudi kendaraan harus komitmen terhadap keselamatan berlalu lintas seperti:
Siap mentaati peraturan lalu lintas seperti menyalakan lampu depan pada sepeda motor di siang hari demi keselamatan seluruh pengguna jalan.
Siap kondisi pengemudi saat berkendaraan seperti kelengkapan administrasi seperti SIM, STNK dan tanda nomor kendaraan, sehat jasmani dan rohani.
Siap kondisi kendaraan bermotor seperti kunci roda, klep, kotak obat, knalpot harus standar, kaca spion dan helm.
Dari Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas pada hari ini diharapkan dapat menekan angka terjadinya kecelakaan lalu lintas dimana sering didominasi oleh para pelajar, yang merupakan pengguna jalan yang mayoritas dan termasuk kriteria rentan akan kenakalan remaja.
Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Akhirnya dengan mengucapkan bismilahirohmannirohim Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Siswa-siswi SMA dan SMK secara resmi saya nyatakan dibuka.
Semoga kegiatan Sosialisasi ini dapat berjalan dengan sukses, semoga Allah SWT, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita semua.(***/RAHMAN)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *