Darwati Agani dan Istri Wabup Pidie Hadiri Khanduri Apam di Busu

 301 total views

Darwati Agani dan Istri Wabup Pidie Hadiri Khanduri Apam di Busu

Read More

Pidie – Majlis Pengajian Muslimah Kemukiman Busu ( MPMKB) mengadakan kenduri apam di kantor desa busu lingkok, Minggu 08 Maret 2020.

Ketua panitia pelaksana Nazariah S.Pd, M.Si, mengatakan, acara ini terselenggara berkat kerjasama seluruh anggota majlis pengajian muslimah kemukiman busu, beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota majlis yang sudah menyumbangkan dana, pikiran, dan tenaga, sehingga terlaksananya acara ini, beliau mengajak untuk kedepannya acara ini dilaksanakan lebih meriah sekali.

Disamping itu Imum Mukim Busu Tgk Abdul Wahid sangat mendukung acara ini, karena dengan adanya pengajian bisa mempererat silaturahmi, membangun kesatuan dan persaudaraan, beliau berharap supaya kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya.

Buleun Apam adalah salah satu dari nama-nama bulan dalam “Almanak Aceh” yang setara dengan bulan Rajab dalam Kalender Hijriah. Buleun artinya bulan dan Apam adalah sejenis makanan yang mirip serabi.

Kenduri apam yang diadakan oleh majlis pengajian muslimah kemukiman busu dihadiri oleh IBU Wakil Bupati Pidie WIKAN HARTATI, dan Ibu Darwati selaku perwakilan dari provinsi, Ibu Ibu DPRA Aceh, Pak Mukim, Pak Keusyik, tuha Peut, ketua pemuda, dan tamu tamu Undangan lainnya.

Aceh yang disebut dengan kenduri apam adalah salah satu dari nama nama bulan dalam A”lmanak Aceh” yang setara dengan bulan Rajab dalam kelender hijriah

Acara teut apam ini menjadi tradisi bagi masyarakat Aceh untuk mengadakan Khanduri Apam pada buleun Rajab, Kegiatan toet apam (memasak apam) dilakukan oleh kaum ibu ibu dikemukiman busu.

Pertama sekali yang harus dilakukan untuk memasak apam adalah top teupong breuh bit (menumbuk tepung dari beras nasi). Tepung tersebut lalu dicampur santan kelapa dalam sebuah beulangong raya (periuk besar).

Campuran ini direndam paling kurang tiga jam , agar apam yang dimasak menjadi lembut , adonan yang sudah sempurna ini kemudian diaduk kembali hingga menjadi cair, cairan tepung inilah yang diambil dengan Aweuk untuk dituangkan kewadah .

Apam dimasak dengan kompor, kayu bakar dan o’nue tho daun kelapa kering, banyak orang yang mengatakan kalau dimasak apam pakai o’nue tho rasanya lebih enak lagi.

Masakan apam yang dianggap baik yaitu bila permukaannya berlubang lubang, sedangkan bagian belakang tidak hitam dan rata .

Apam sangat sedap bila dimakan dengan kuahnya, berupa santan dicampur pisang klat barat atau sejenis pisang raja tambah nangka serta gula .

Bagi yang alergi kuah tuhe mungkin karena kuahnya gurih, kue apam ini dapat pula dimakan bersama kukuran kelapa yang akan dicampur gula, bahkan ada juga yang memakan apam saja atau Apam tho.

Selain dimakan langsung, Apam ini juga bisa direndam beberapa lama dalam kuahnya sebelum dimakan .

Acara ini juga dilengkapi oleh masakan khas Aceh lainnya yaitu kuah pliek U dan ikan Asin , jadi tamu undangan selain makan Apam, juga bisa makan siang dengan makanan khas Aceh ini. (TS/Tiara)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *