Penyerahan SK Nama Baru dari Kabupaten Tobasa Menjadi Kabupaten Toba oleh Kemendagri ke Pemkab Toba

 2,891 total views

Penyerahan Sk nama baru dari Kabupaten Tobasa menjadi Kabupaten Toba, oleh Kemendagri ke Pemkab Toba, senin, 9 Maret 2020.

Read More

Rapat paripurna DPRD dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Toba Samosir ke-21 dan penyerahan peraturan pemerintah nomor 14 tahun 2020 tentang perubahan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba, di jl. Sutomo, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, senin 9 Maret 2020.
Prosesi acara tersebut diawali dengan laporan kehadiran anggota dewan, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hening Cipta.
Dimana rapat paripurna ini dipimpin langsung ketua DPRD Tobasa, Effendi S.P Napitupulu SE, dampingi wakil ketua DPRD, Candrow Manurung, SH dan Mangatas Silaen. Turut hadir juga, Bupati Tobasa Ir. Darwin Siagian, Wakil Bupati Ir. Hulman Sitorus, MA, diikuti oleh ketua pengadilan Balige, Paul Marpaung, SH, MH, Dandim 0210/ TU Letkol Czi Roni Agus Widodo, mewakili Kejaksaan Negeri Balige, Gilbet Sitindaon, SH beserta anggota DPRD.
Salah satu, pesisir danau toba ini sekarang Bernama Kabupaten Toba yang butuh waktu cukup lama dan melewati berbagai proses mendapatkan nama kabupaten baru.
Awalnya Kabupaten ini bernama Kabupaten Toba Samosir yang setelah lepas dari Kabupaten Tapanuli Utara, diresmikan pada tanggal 9 Maret 1999 berdasarkan Peraturan Presiden UU Nomor 12 Tahun 1999 hasil gagasan Bupati Taput, Lindu Panjahitan, SH, beserta panitia pemekaran, Ketua, Drs Sahala Tampubolon, wakil ketua, Drs. Re Nainggolan, sekretaris, Drs. Mangantar Manurung, Bendahara, Drs. Yasmin Siregar, terang Sekdakab, “Drs. Sahala Tampubolon sebagai pejabat Bupati, melantik Drs Parlindungan Simbolon sebagai Sekretaris Daerah,”terang Sekda, Drs. Audi Murphy. O. Sitorus. SH. MSi
Amanat Bupati, menyampaikan kata terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DPRD, dimana telah menyelenggarakan sidang paripurna istimewa, imbuhnya.
Dalam sambutan Bupati mengatakan, bahwa melalui hari jadi ke 21 Tahun Tobasa, mari kita tingkatkan rasa cinta dengan bekerja keras dan berkarya nyata serta menciptakan spirit untuk bersatu membangun tobasa untuk meraih kemajuan dan kemandirian, terangya.
Lanjut Darwin, menurutnya, pembangunan tidak bisa terlaksana, tanpa adanya sebuah pemerintahan yang kuat.
“Di hari ulang tahun ini, kita berupaya untuk melihat masa lalu sèbagai referensi dan juga sarana mawas diri,” pintanya.
Menurut Dirjen Bina Administrasi Kedaerahan Kementrian Dalam Negeri, mengatakan, perubahan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba sarat dengan kultur budaya dan unsur-unsur strategis yang ditetapkan undang undang dengan peraturan pemerintah nomor 14 tahun 2020.
Pantauan dilapangan, serah terima peraturan pemerintah dari Kemendagri atas nama Presiden Republik Indonesia kepada pemkab Tobasa berjalan aman. (Ams)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *