Sambut Satu Abad Ponpes MA Al-Masthuriyah Sukabumi Bangun Inovasi Baru Bidang Pendidikan

  • Whatsapp

 222 total views,  1 views today

Sambut Satu Abad Ponpes MA Al -Masthuriyah Sukabumi Bangun Inovasi Baru Bidang Pendidikan

Read More

Seiring dengan Peringatan Satu Abad Pondok Pesantren Al-Masthuriyah Sukabumi yang di laksanakan di halaman Pondok Pesantren Jalan raya Cibolang Sukabumi ,Kamis (19/03/2020 ) ,Tim Jurnalis Global Investigasi News.Com , disela usai acara ceremonial menemui H.Usman Syihabudin ,SH beliau merupakan keluarga besar pengelola pondok Pesantren dan sekarang menjabat Kepala Madrasah Aliyah (MA) Al-Masthuriyah.

Dalam Wawancara nya  beliau mengatakan bahwa Madrasah Aliyah Al-Masthuriyah adalah lembaga pendidikan formal setaraf dengan  sekolah  tingkat Lanjutan Atas bercirikan Islam. Madrasah ini resmi berdiri pada tahun 1968 dengan nama Madrasah Aliyah Sirajul Athfal/Banat sebagai perubahan dari sekolah agama Sirajul Athfal/Banat yang
kemudian menjadi Madrasah Aliyah  Al-Masthuriyah sejak tahun 1974 hingga sekarang.

Dengan mengambil Visi Mempersiapkan lulusan yang unggul dalam ilmu kepesantrenan dan akhlak mulia .Dan Misinya menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu asfek kognitif siswa sehingga siswa berkembang dari segi intektual.Menyelenggarakan proses penyelenggaraan pendidikan yang mendorong siswa disiplin, berakhlak mulia, memiliki etos kerja, kreatif, kritis dan bertanggungjawab.

Menumbuh kembangkan penghayatan dan pengamalan keagamaan melalui pembiasaan-pembiasaan.Menumbuh kembangkan potensi peserta didik melalui progam pengembangan diri,”Ujarnya.

Selanjutnya Usman Selaku Kepala Sekolah menjelaskan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No.58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah .di jelaskan dalam aturan tersebut menyangkut tugas ,fungsi,dan tanggung jawab ,untuk itu saya selaku Kepala Madrasah akan melaksanakan tugas manajerial, melakukan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, perencanaan dan evaluasi,”tegas Usman.

Peratuan tersebut tambah Usman akan menjadi salah satu pedoman untuk berinovasi dalam kepemimpinannya, yang akan diimplementasikan dengan gaya kepemimpinan yang ramah namun tetap tegas dalam menerapkan kedisiplinan terlebih kepada guru, baik disiplin dalam kepribadian maupun disiplin dalam menjalankan tugas.
Kepemimpinan beliau sebagai Kepala MA Al-Masthuriyah, mendapat respon yg sangat positip dari seluruh elemen keluarga besar Al-Masthuriyah
berbekal dari jabatan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan ,Beliau sedikit besarnya telah memahami karakter seluruh siswa-siswi yang yang tengah menimba ilmu di MA Al-Masthuriyah, tentu hal itu akan mempermudah dirinya beserta jajaran tenaga pendidik dan kependidikan didalam mencetak peserta didik yang berprestasi, baik dalam bidang ilmu agama, pengetahuan secara akademik maupun non akademik, jumlah siswa-siswi MA Al-Masthuriyah sedikitnya ada 340, didukung dengan fasilitas sarana dan prasarana yang cukup memadai serta ditunjang oleh 36 Guru berlatar belakang pendidikan S1 dan S2 yang 90%nya sudah sertifikasi sebagai guru profesional.

MA Al-Masthuriyah sudah mampu menyelenggarakan  Kurikulum dan program yang mengacu kepada kompetensi Isi (KI) dan standar kelulusan (SKL) berdasarkan kurikulum baru, yakni Keagamaan, MIPA, IPS, Bahasa dan Budaya, selain itu, untuk melengkapi standar kelulusan disusun dan kembangkan kurikulum muatan lokal yang terdiri dari Ilmu Fara’id, Ilmu Nahwu Sharaf, Ilmu Balaghah, Ushul Fiqih dan Ilmu Mantiq ,”Katamya

Upaya untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di MA Al-Masthuriyah, sebagai langkah dan inovasi untuk perkembangan prestasi anak dirinya saat ini tengah membentuk tim khusus, diantaranya tim kompetisi siswa madrasah (KSM), tim PPDB, untuk terus meningkatkan prestasi Porseni yang dilakukan setiap tahun kita juga sudah membetuk tim AKSIOMA, tim pemaksi, serta ada tim lomba-lomba lainnya, tutur usman dalam Inovasinya.

disamping itu, Usman akan terus menjaga hubungan dengan para alumni-alumni dengan harapan dapat menumbuhkan ikatan kekeluargaan yang semakin erat dari setiap generasi
Bahkan diyakini dengan ikatan kekeluargaan yang kuat dari setiap generasi kegenerasi, para alumni tersebut dapat dipastik.

Dipastikan akan lebih mudah untuk menyampaikan informasi perkembangan dan kemajuan pendidikan yang diselenggarakannya kepada masyarakat, tentu hal itu akan menjadi salah satu dorongan terhadap minat masyarakat untuk memilih MA Al-Masthuriyah Sukabumi sebagai sekolah tujuan,” pungkasnya. (MY. Sukardi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *