Ketua KPU Tanjab Timur Nurkholis S.Ip Pimpin Apel Kesiapan Gerakan Coklit Serentak tahun 2020

 1,440 total views

Ketua KPU Tanjab Timur Nurkholis.S.Ip Pimpin Apel Kesiapan Gerakan Coklit Serentak tahun 2020.

Read More

Tanjabtimur- GlobalInvestigasinews.com.
2020/07/18.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjab Timur menggelar apel kesiapan gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, di halaman kantor KPU.

Kegiatan ini merupakan apel serentak yang digelar pada 270 daerah di Indonesia yang melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020. 

Ketua KPU
Nurkholis. S.Ip mengatakan, hak pilih merupakan salah satu syarat fundamental bagi negara yang menganut sistem demokrasi, dalam konteks pemilihan di Indonesia, sistem pendaftaran pemilih merupakan salah satu hal penting dalam setiap pemilihan.

“Hak untuk memilih adalah hak dasar warga yang dijamin oleh UUD 1945,” terang kholis yang bertindak sebagai pimpinan apel di kantor KPU Kabupaten Tanjab Timur.

Kholis mengatakan sistem pendaftaran pemilih dibuat secara komprehensif, akurat dan mutakhir.

“Tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan krusial dan strategis dalam penyelenggaraan pemilihan,” ungkapnya

Pelaksanaan kegiatan Coklit ditengah situasi sulit karena pandemik Covid-19. Untuk itu, guna menggelorakan pemutakhiran data serentak, KPU RI secara nasional menggelar gerakan klik dan coklit serentak.

Melalui gerakan klik serentak ini, warga secara mandiri dapat mengecek dirinya terdaftar sebagai pemilih di website lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Sementara Coklit adalah upaya KPU dalam meningkatkan kualitas data pemilih sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Petugas PPDP harus tetap menjaga protokol covid-19. Jangan lupa 3 M, yaitu Mencentang, Mencoret, Memperbaiki,” ucap Ketua.
Ia juga mengingatkan pada seluruh penyelenggara agar selalu menjaga integritas dalam menjalankan tugas karena Integritas adalah harga mati seorang penyelenggara.

Dirinya mengingatkan, agar petugas pemutakhiran tetap menjaga ptotokol kesehatan covid-19, melindungi hak pilih warga, juga lindungi kesehatan mereka.jelasnya.(T111K).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *