Pesan Kehidupan di Tengah Semarak Perayaan HUT ke-105 RSUD dr. Iskak

 51 total views,  1 views today

Globalinvestigasinews.com, Tulungagung
Aneka balon bernuansa ungu dan putih bertuliskan angka “105” menyambut siapa saja yang masuk ke Gedung Graha Mandiri (GM) lantai 5. Pun saat menuju ruang administrasi dan perawat. Pengunjung disuguhi rangkaian bucket balon yang ditata apik di sepanjang koridor sehingga tercipta kesan semarak.

Read More

Aneka hiasan itu semakin meriah ketika memasuki ruang tunggu GM 5. Sebuah back drop bertuliskan “HUT RSUD dr. Iskak”, dan hiasan balon ungu putih menjadi latar ruangan yang terbilang luas tersebut.

Persis di sudut ruangan, sebuah hias buatan yang tergantung banyak kertas berisi coretan tulisan tangan cukup menarik perhatian. Pohon itu diberi nama “Pohon Kehidupan”. Disebut demikian karena pohon ini memiliki banyak “buah “ berisi aneka pesan menyentuh dari para penyintas maupun pasien kanker.

Buah pesan ini ditulis sendiri olah para pasien kanker.Mereka sengaja menitip pesan kehidupan sebagai partisipasi dalam memeriahkan HUT ke-105 RSUD dr. Iskak.

“Saya menuliskan pesan dan juga kesan saya selama menjalani kemoterapi di sini. Semoga tulisan-tulisan kami ini bisa menjadi harapan dan semangat sekaligus bisa menyemarakkan HUT ke-108 RSUD dr. Iskak,” kata salah satu pasien kanker, Liswinarmi.

Rangkaian HUT kali ini memang lebih semarak bila dibandingkan dua tahun terakhir, seiring menurunnya level kewaspadaan terhadap efek pandemi COVID-19. Lebih semarak karena saat-saat ini, hampir setiap ruang “menghias diri”. Mulai dari layanan medis, penunjang medis, hingga penunjang nonmedis, semua dihias sedemikian rupa dengan kreativitas masing-masing.

Memang dilombakan, namun penambahan aksesoris bermotif pink dan bunga-bunga yang menjadi ciri khas hajatan ulang tahun itu tanpa mengurangi standar dan kualitas pelayanan kepada pasien yang datang.

Layanan di setiap poli terus jalan. Bahkan banyak pasien dan pengunjung yang merasa senang dengan suasana berbeda sejak awal November ini.
Khusus di GM 5 atau lantai 5 ini, karena sebagian besar merupakan pasien pengidap kanker yang sedang menjalani kemoterapi, maka para pasien pun dilibatkan untuk turut mengisi kemeriahan HUT.

“Kami mengajak para pasien maupun penyintas untuk menuliskan harapan, motivasi, pesan, maupun kesannya di “pohon kehidupan” ini. Karena di sini merupakan pasien-pasien yang memerlukan penanganan khusus,” kata Wakil Kepala Ruang GM 5, Titis Setyaningsih.

Titis menambahkan, keikutsertaan para pasien dalam memeriahkan hari jadi RSUD dr. Iskak ini membuktikan pasien memperoleh hak-haknya sesuai ketentuan. Keleluasaan pasien menulis pesan kehidupan juga menunjukkan bahwa di RSUD tidak ada jarak antara pasien maupun pihak rumah sakit. “Di sini sudah seperti keluarga,” ujarnya.

Senada, Humas RSUD dr. Iskak Tulungagung, Mochamad Rifai S.Kep. Ners, M.H.Kes mengatakan, lomba menghias ruangan ini merupakan satu dari berbagai macam perlombaan untuk memeriahkan HUT ke-105 RSUD dr. Iskak.

“Kegiatan ini wajib diikuti seluruh unit yang ada di rumah sakit, dengan property yang sesuai dengan tema peringatan HUT ke-105,” jelasnya.

Selain itu, meskipun seluruh unit diberi keleluasaan dalam berkreasi dan berkreativitas, namun property maupun hiasan yang digunakan tidak boleh sampai mengganggu alur layanan. Karena, meskipun sedang menyambut hari ulang tahun, layanan di RSUD dr. Iskak tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Lomba ini member kesempatan masing masing unit untuk mengeluarkan kreatifitas dan kekompakan tim untuk memeriahkan HUT, dengan tetap mengutamakan layanan di rumah sakit,” terangnya. Lomba yang dilaksanakan sejak selama sepekan ini diikuti kurang lebih 85 unit yang tersebar di seluruh ruangan. Dalam rentang waktu 7-11 November, panitia akan melakukan penilaian di masing-masing unit.(humas)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *