Kementerian PUPR Bangun Fasilitas Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Way Sepagasan di Kab. Pringsewu

 145 total views

Kementerian PUPR telah membantu membangun fasilitas Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Way Sepagasan di Kab. Pringsewu, Lampung. SPAM yang telah selesai dibangun pada 2021 tersebut saat ini telah melayani 975 unit Sambungan Rumah (SR) dari target 4.800 unit SR.

Read More

Pembangunan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau.

SPAM Way Sepagasan dibangun dengan memanfaatkan kapasitas sumber air dari Sungai Way Sepagasan yang terletak di dalam Kawasan Hutan Lindung Kec. Pagelaran Utara, Kab. Pringsewu. SPAM ini diproyeksi dapat melayani kebutuhan air minum untuk 4.800 unit SR atau setara 24.000 jiwa masyarakat di 4 kecamatan, yakni Kec. Pagelaran Utara, Sukoharjo, Banyumas dan Adiluwih.

Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) berkapasitas 2×30 liter/detik. Sejumlah fasilitas terbaru telah dibangun di area Water Treatment Plant (WTP) di antaranya pengolahan airnya termasuk ramah lingkungan, karena menggunakan sistem gravitasi dari intake ke IPA yang posisinya di hulu, struktur IPA menggunakan baja dengan pondasi beton, dilengkapi Sludge Drying Bed, bak penyaring lumpur, reservoir sudah menggunakan glass steel berkapasitas 1.000 m3 sehingga sangat baik untuk teknologi air siap minum.

Selanjutnya di luar WTP dibangun pipa HDPE, gorong-gorong, 3 jembatan pipa diameter 350 mm, dan water meter area diameter 75 mm.

Kementerian PUPR terus mendorong pemerintah daerah Kabupaten Pringsewu untuk melakukan pengembangan SPAM Way Sepagasan melalui program penambahan Sambungan Rumah sehingga manfaat dari instalasi pengelolaan air minum yang sudah dibangun dapat optimal.

SigapMembangunNegeri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *