Antisipasi Terjadi Konflik Di Pemilu 2024 Kesbangpol Melaksanakan Rakor Forkopimda Di Kecamatan Dendang

 112 total views

Jambi-Globalinvestigasinews.com 2023/11/23
Pemkab Tanjab Timur melalui Kesbangpol melakukan Rapat Koordinasi Forkopimda dalam rangka pembahasan Penanganan Potensi Gangguan Keamanan dan Konflik Sosial Pemilu 2024

Read More

Dalam Rapat Koordinasi tersebut dihadiri Sekretaris Badan Kesbangpol Baharuddin,  Pabung Kodim 0419/Tanjab Mayor Inf Ahmad Riadh, Kabag Ops Polres Tanjab Timur Kompol Mukhlis Gea, Camat Dendang Surya Aldian, Staf Kasi Intel Kejari Tanjab Timur Amin Lufti, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh Agama.

Rapat Koordinasi tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Dendang pada hari Kamis tanggal 23 Nopember 2023.

Rakor Forkopimda yang di gelar Kesbangpol Tanjab Timur, membahas terkait Perkembangan isu Politik Menjelang Pemilu Serentak 2024 penting untuk dilaksanakan. Sebagai salah satu cara untuk mengetahui kondisi politik dan keamanan di Kabupaten Tanjab Timur.

Kegiatan ini sangat penting untuk memperoleh berbagai informasi, terkait dengan kondisi politik terkini, khususnya di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung, Seiring kian dekatnya Pemilu Serentak 2024 yang tahapan terus berjalan sesuai jadwal. Mari kita bersama sama mendukung kesuksesan Pemilu serentak di Kabupaten Tanjab Timur.

Sekertaris Badan Kesbangpol Baharuddin, yang mewakili Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto mengatakan Pencegahan dini dan deteksi dini menjelang pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 ini sangat penting karena gejolak konflik politik yang terjadi sangat signifikan hal ini harus kita waspadai agar tidak menimbulkan konflik yang berkelanjutan.

Selanjutnya, Potensi konflik pada pemilu 2024 mendatang sangat lah banyak, karena banyak juga kelompok masyarakat yang membentuk simpatisan terhadap para bakal calon baik legislatif maupun kepada eksekutif.

Kampanye Black Campaign adalah suatu upaya di bidang politik untuk merusak, dengan cara propaganda negatif,serta menyebarkan isu atau gosip tanpa dukungan dan fakta yang jelas, ini harus terus diwaspadai menjelang pemilu serentak 2024.

Ia minta kepada TNI. Polri dan ASN serta Penyelenggara Pemilu untuk tidak ikut dalam berkampanye, kepada  masyarakat mari untuk bersama sama mengawasi netralitas penyelenggara pemilu, dalam pelaksanaan pemilu 2024 ini.

Diharapkan kepada para penyelenggara pemilu untuk dapat berkomitmen dalam melaksanakan pesta Demokrasi tetap hidup dan semakin berkualitas, untuk melahirkan pemerintahan yang memiliki Legitimasi yang kuat.

“Mari kita bersama sama mencegah  potensi konflik di masyarakat, Kemudian, tahapan pemilu sudah berjalan, kita awasi bersama tahapan-tapan yang sedang berjalan jangan sampai terjadi kecurangan terhadap penyelenggaraan pemilu.

Potensi konflik pada pemilu yg sering terjadi di masyarakat adalah serangan pajar atau kata lainnya adalah money politic, hal ini harus kita awasi bersama untuk menjaga kondusivitas wilayah”, jelasnya. 

Selanjutnya, Potensi konflik pada pemilu 2024 mendatang sangat lah banyak, karena banyak juga kelompok masyarakat yang membentuk simpatisan terhadap para bakal calon baik legislatif maupun kepada eksekutif, tambahnya. 

menghadapi pemilu 2024
Mari kita bersama sama  mengatasi cara dan mencegahnya. Masing-masing anggota Tim terpadu diminta 
menyiapkan langkah pencegahan. Hal ini dimaksudkan agar pemilu di Kabupaten Tanjab Timur bisa berjalan lancar aman dan kondusif.

Melalui Badan  Rapat Koordinasi ini Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur akan melaksanakan koordinasi dengan pihak penyelenggara terkait dengan pelaksanaan tahapan Pemilu. Sehingga pelaksanaan Pemilu bisa terlaksana dengan sukses.

“Dari sisi penyelenggara tentu sudah melakukan pemetaan berkaitan dengan pelaksanaan pemilu di setiap desa, nantinya dari sisi penyelenggara juga akan koordinasi jika terjadi kendala,” ungkapnya.

Disisi lain Bupati Kabupaten Tanjab Timur  memberikan dukungan terhadap kesuksesan pemilu. Pihaknya lebih menekankan pada sinergisitas antara Forkopimda dan Forkopimca di Kabupaten Tanjab Timur.

“Harapannya Pemilu
2024 bisa berjalan aman lancar dan menghasilkan para pimpinan yang amanah” Ucapnya.(T111k).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *